Instagram Menerjemahkan @mention ke Twitter

Instagram Twitter

Instagram dan Twitter menggunakan sesuatu yang sama untuk username seseorang, yaitu diawali dengan ‘@’. Instagram memiliki fitur untuk melakukan share foto yang anda upload di Instagram ke berbagai jejaring sosial lainnya, salah satunya Twitter. Permasalahan muncul ketika anda ingin me-mention seorang teman anda yang di Twitter.

Misalnya, anda memiliki seorang teman bernama @iyrh di Twitter dan ia menggunakan @rickyharyadi di Instagram, tentu saja ini akan menjadi masalah besar untuk anda jika anda ingin melakukan share sebuah foto pada teman anda di Twitter karena bisa jadi salah mention. Banyak orang mengalami masalah tersebut.

Berita baik untuk anda, Instagram sudah menyediakan solusinya! Instagram mengatakan dalam blog-nya:

For photos shared to Twitter, Instagram now translates @mentions for users whose Twitter username and Instagram username differ.

Untuk foto-foto yang di share ke Twitter, Instagram saat ini menerjemahkan @mention untuk para pengguna yang nama akun Twitter dan Instagram-nya berbeda.

Bagaimana Instagram melakukan hal tersebut?

Pertama, apabila orang yang akan di-mention sudah menghubungkan akun Instagram dengan akun Twitter-nya. Sehingga (dengan menggunakan contoh di atas) jika anda me-mention @rickyharyadi di Instagram dan anda men-share-nya di Twitter, maka:

  • @rickyharyadi akan muncul di photo caption pada Instagram,
  • @iyrh otomatis muncul di tweet anda,
  • @rickyharyadi tidak lagi muncul di tweet anda.

 

Kedua, apabila orang yang akan di-mention belum menghubungkan akun Instagram dengan akun Twitter-nya. Jika anda me-mention @rickyharyadi di Instagram dan anda men-share-nya di Twitter, maka Instagram akan memeriksa terlebih dahulu apakah username tersebut sudah digunakan di Instagram atau belum.

a. Jika sudah digunakan, maka:

  • @rickyharyadi akan muncul di photo caption pada Instagram
  • Huruf ‘@’ akan secara otomatis dihilangkan di tweet anda.

b. Jika belum digunakan, maka:

  • @rickyharyadi akan muncul di photo caption pada Instagram
  • Huruf ‘@’ akan tetap muncul di tweet anda.

 

Jadi sebaiknya jika anda menggunakan Instagram dan Twitter, sebaiknya segera koneksikan kedua aplikasi ini agar tidak lagi terjadi kesalahan mention.

Referensi: blog.instagram.com, complex.com.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.