Chromebook Terbaru dari Samsung

Pada hari kamis kemarin, Google mengumumkan generasi terbaru dari Samsung Chromebook, yang dibanderol dengan harga $249 (Rp 2,38 juta), sebuah harga yang cukup menarik untuk laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome yang sangat ringan dan cepat.

Harga Chromebook terbaru tersebut lebih murah daripada Chromebook lama yang dihargai $449 (Rp 4,3 juta), maupun Chromebox, sebuah CPU berukuran mini sebesar kotak CD yang menggunakan sistem operasi Chrome, yang dihargai $329 (Rp 3,15 juta).

Sundar Pichai, yang bekerja di Google sebagai senior vice president of Chrome and apps, mengutarakan bahwa Chromebook buatan Samsung tersebut adalah awal dari serangkaian Chromebook dari berbagai vendor lain.

Chromebook ini menggunakan prosesor Samsung Exynos 5 Dual, yang dapat berjalan tanpa perlu menggunakan fan, dan didukung oleh RAM sebesar 2 GB dan media penyimpanan berupa SSD dengan ukuran 16GB. Media penyimpanan yang terdapat di Chromebook ini memang tergolong kecil, karena Chromebook memang ditujukan bagi orang-orang yang menggunakan layanan Cloud seperti Google Drive sebagai media penyimpanan data.

Google akan mulai menjual Chromebook tersebut di Amerika Serikat minggu depan, dan juga dapat dibeli langsung dari toko online Google Play.

Chromebook adalah sebuah proyek dari Google yang bertujuan untuk mencipakan notebook yang lebih kecil dan ringkas dari notebook pada umumnya, dengan menggunakan sistem operasi Chrome. Memiliki nama yang sama dengan web browser buatan Google, notebook jenis ini memang menggunakan sebuah browser sebagai sistem operasinya.

Google berpendapat bahwa sebagian kegiatan kita di komputer adalah dengan menggunakan web browser. Web browser adalah jendela kita menuju dunia internet, yang menghubungkan kita dengan informasi dan konten yang ada di internet.

Apabila kita perhatikan, memang kegiatan kita di komputer hampir semuanya menggunakan web browser. Contohnya adalah membuka jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, membaca berita, melakukan riset, bahkan sekarang membuat dokumen maupun presentasi pun dapat dilakukan di web browser.

Salah satu kelebihan lain dari Chromebook adalah waktu yang diperlukan untuk boot up. Kabarnya, hanya dalam 8 detik pengguna Chromebook bisa langsung online!



Sumber gambar: readwriteweb.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.