Kenapa Penjualan iPhone 5 Tidak Maksimal?

iPhone 5

Jadi iPhone 5 merupakan iPhone tersukses dari Apple, bahkan sampai menembus penjualan 5 juta unit pada 3 hari pertama peluncurannya. Tetapi penjualan tersebut masih berada di bawah ekspektasi para analis yang meramalkan iPhone 5 akan menembus 6-8 juta penjualan dalam 3 hari pertama. Kenapa?

Ternyata, penyebab Apple tidak dapat menjual iPhone 5 lebih banyak lagi adalah karena mereka tidak dapat membuatnya lebih banyak lagi. Kira-kira begitulah kata seorang pegawai Foxconn yang menolak disebutkan namanya. Ia menyebutkan bahwa iPhone 5 merupakan perangkat paling rumit yang pernah dibuat oleh Foxconn, karena bentuknya yang tipis, dan desainnya yang sangat rumit.

“The iPhone 5 is the most difficult device that Foxconn has ever assembled.  To make it light and thin, the design is very complicated. It takes time to learn how to make this new device. Practice makes perfect. Our productivity has been improving day by day,” said an official at the company who declined to be named.

“iPhone 5 merupakan perangkat dengan tingkat kesulitan perakitan paling tinggi yang pernah dibuat oleh Foxconn. Untuk membuatnya begitu tipis dan ramping, desainnya sangatlah rumit. Butuh waktu bagi kami untuk membuat perangkat ini. Kesempurnaan membutuhkan latihan. Produktivitas kami terus meningkat hari keseharinya,” jelas seorang dari Foxconn yang menolak untuk disebutkan namanya.

Foxconn saat ini bertugas untuk membuat iPhone 5 di pabrik mereka yang terletak di Zhengzhou, Cina bagian tengah, dan Guan Lan, Cina bagian selatan. Zhengzhou adalah pusat dari produksi iPhone 5. Oleh karena itu, Foxconn juga meningkatkan perekrutan tenaga kerja di pabrik tersebut untuk meningkatkan kapasitas produksi terhadap produk Apple tersebut, maupun untuk konsumen-konsumen lainnya.

 

Referensi: wsj.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.