Jalan-Jalan di Data Center Google dengan StreetView

Data Center

Anda penasaran dengan isi data center milik Google? Sekarang Anda dapat berjalan-jalan di dalam data center milik Google hanya dengan bermodalkan komputer dan koneksi internet, dengan bantuan Google StreetView!

Data center merupakan tempat di mana data-data yang dimilik oleh perusahaan. Berhubung yang sedang kita bicarakan adalah data center dari Google, maka isi dari data center itu adalah konten-konten yang telah Anda upload ke berbagai macam layanan dari Google, baik itu YouTube, Blogspot, Google+, Google Play, Google Drive, dan masih banyak lainnya. Semua konten tersebut akan disimpan sedemikian rupa oleh Google di data center miliknya untuk menjamin supaya konten tersebut dapat diakses oleh setiap orang yang terhubung di internet, kapan saja di mana saja.

Data center dari Google juga disebut-sebut sebagai salah satu data center paling modern di dunia, yang selain modern juga ternyata memperhatikan alam sekitar, sehingga walaupun menggunakan energi yang besar dalam operasionalnya, data center dari Google ini hanya memberikan sangat sedikit dampak negatif bagi alam, contohnya adalah dengan menggunakan energi listrik dari kincir angin, dan menggunakan pendingin dengan memanfaatkan air dari danau sekitar.

Jadi, bagaimanakah isi dari data center Google tersebut? Berikut video yang baru saja di-upload oleh Google, menjelaskan sekilas tentang data center yang mereka miliki:

Sedangkan untuk Anda yang penasaran dan ingin melihat isi sebuah data center milik Google yang terletak di North Carolina, silakan langsung mengunjungi halaman ini.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.