Siapa Bilang Dunia TI Hanya Untuk Laki-Laki

Women Code

Jika anda kuliah di dunia teknologi informasi, khususnya jurusan-jurusan seperti sistem komputer, teknik informatika, sistem informasi, dan sebagainya anda pasti akan menemui lebih banyak mahasiswa laki-laki dibanding perempuan. Sama dengan ketika anda berada dalam dunia nyata, hal yang paling sederhana adalah pasti lebih banyak kita temui teknisi komputer adalah seorang laki-laki, jarang yang seorang wanita. Ada apa dengan dunia TI?

Ada yang mengatakan bahwa dunia teknologi informasi, khususnya dalam sisi teknis, penuh logika, sesuai dengan pola pikir pria yang menggunakan logika dibandingkan wanita yang menggunakan fakta. Entah benar atau salah, mitos atau bukan, tetapi kenyataannya memang pria lebih dominan.

Lalu bagaimana dengan para wanita?

Tahukah anda bahwa, Ada Lovelace, seorang computer scientiest dari Inggris, dianggap sebagai seorang programmer komputer pertama di dunia? Dia adalah seorang wanita!

Dengan menggunakan bahasa pemrograman dan kodenya, ia membuat model untuk mesin analisis Charles Babbage pada pertengahan tahun 1800an.

Beberapa abad kemudian mulai bermunculan wanita-wanita hebat yang menduduki posisi penting dalam dunia TI seperti Marissa Mayer sebagai CEO Yahoo, Sheryl Sandberg sebagai COO Facebook.

IEEE.org membuat sebuah infografis yang menjelaskan para wanita yang sukses dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan, teknik, dan matematika.

Bagi anda para wanita, jangan takut untuk bersaing dengan para pria dalam bidang yang satu ini, karena sejujurnya kami cukup jenuh dengan pemadang mayoritas sesama laki-laki.

Referensi: ieee.org/women, yle.fi.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.