Penjualan PC Menurun, Lenovo Nomor Satu

Notebook

Gartner baru saja merilis studinya mengenai penjualan PC di selauruh dunia Pada kuartal ketiga tahun 2012. Dua hal menarik yang dapat dilihat dari hasil penelitian tersebut adalah bahwa penjualan PC pada tahun 2012 ini mengalami penurunan sebesar 8,3%, dan Lenovo berhasil menyalip HP menjadi perusahaan dengan penjualan PC tertinggi pada tahun 2013 ini.

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Gartner, jumlah penjualan pada Kuartal ketiga tahun 2012 (Juli-September 2012) adalah sebesar 87,5 juta unit, atau turun 8,3% dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun lalu yaitu 95,4 juta unit.

Hal tersebut diperkirakan karena para konsumen menahan diri untuk tidak membeli komputer pada bulan-bulan ini, dikarenakan peluncuran Windows 8 yang sudah dekat. Selain itu, peningkatan penjualan perangkat mobile seperti smartphone dan komputer tablet juga dianggap turut ambil bagian dalam menurunkan penjualan PC, dikarenakan kebanyakan orang sekarang memilih membeli tablet karena kebutuhan mereka sudah dapat terpenuhi dengan tablet, yang harganya cenderung lebih murah ketimbang full computer experience seperti Notebook maupun Desktop Computer.

Dilihat dari tabel hasil penelitian Gartner memang tampak bahwa setiap merk mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan. Penurunan terbesar dirasakan oleh HP yaitu 16.4% dari 16,2 juta unit menjadi 13,5 juta unit. Hal tersebut juga memaksa HP turun ke peeringkat kedua dalam hal penjualan terbanyak, dikalahkan oleh Lenovo.

Bagaimana dengan Anda? Kapankah Anda terakhir kali membeli laptop? Ataukah Anda sudah mengikuti tren “Post PC Era” dan berpindah ke komputer tablet?

 

Referensi: gartner.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.