Strategi Microsoft Untuk Microsoft Hardware

Microsoft Hardware

Apakah anda sebelumnya sudah pernah mendengar Microsoft Hardware? Microsoft Hardware adalah salah satu produk dari Microsoft yang tentu saja berfokus di hardware yang mendukung produk-produk Microsoft. Microsoft Hardware sejauh ini yang kita kenal berfokus kepada keyboard, mouse, webcam, dan beberapa aksesoris lainnya.Tetapi Microsoft mulai memfokuskan diri pada hardware setelah baru-baru ini menyiapkan Microsoft Surface.

Mengapa Microsoft mau terjun ke bidang hardware?

Steve Ballmer, CEO Microsoft, mengatakan dalam sebuah surat untuk para pemegang saham, bahwa hardware adalah salah satu komponen utama yang akan ia fokuskan pada perusahaan di masa yang akan datang.

This is a significant shift, both in what we do and how we see ourselves — as a devices and services company

Ini adalah perubahan yang signfikan, baik dalam apa yang kita melakukan dan bagaimana kita melihat diri sendiri – sebagai perusahaan perangkat dan jasa

Surat dari Steve Ballmer menegaskan komitmen Microsoft dalam mengembangkan Microsoft Hardware, terutama dalam produk yang akan datang, Windows 8 dan Microsoft Surface.

Darimana Microsoft mendapat inspirasi ini?

Apple! Apple adalah bukti kesuksesan perusahaan yang integrasi antar perangkat (gadget) sangat baik, mulai dari OS X sampai iOS juga MacBook-iPad-iMac-iPod dan semua produk-produk Apple lainnya. Apple berhasil memberikan konsistensi kepada para pelanggan dalam memberikan hardware dan software yang terintegrasi sangat baik, konsisten dengan pelayanan yang baik pula.

Tetapi dengan misi mengembangkan Microsoft Hardware, 1 hal yang perlu diperhatikan oleh Microsoft adalah hubungan kerjasama dengan pihak lain (mitra) pengembang hardware atau hardware partner.

In all our work with partners and on our own devices, we will focus relentlessly on delivering delightful, seamless experiences across hardware, software and services.

Dalam semua pekerjaan kami dengan mitra dan perangkat kita sendiri, kita akan fokus tanpa henti untuk memberikan pelayanan yang maksimal di seluruh hardware, software dan layanan.

Dalam surat tersebut, Steve Ballmer menyebut kata “partner” sebanyak 8 kali, artinya hardware partner memiliki arti sangat penting bagi Microsoft meskipun Microsoft sendiri juga mengembangkan Microsoft Hardware.

Wajar saja, para hardware partner ini pasti sedikit ketakutan ketika Microsoft mengumumkan adanya tablet versi Microsoft, Microsoft Surface. Meskipun para partner ini sudah mengeluarkan beberapa pernyataan, seperti HP menggangap hal tersebut sebagai tanda kepemimpinan, Lenovo tidak menganggap itu sebagai ancaman, dan Acer agak takut dengan hal tersebut.

Bagaimana perkembangan Microsoft Hardware kedepannya? Sebentar lagi, Microsoft akan memiliki tablet versi mereka sendiri, Microsoft Surface. Bisa jadi kedepannya Microsoft juga akan mengeluarkan smartphone, notebook, dan PC versi Microsoft.

Menarik kita tunggu kelanjutannya.

Referensi: venturebeat.com, surfaceadvice.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.