Apa Itu Pixel Density? Dan Bagaimana Menghitungnya?

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Di dunia smartphone dan gadget,  kita pasti sering mendengar frasa pixel density. Pixel density sendiri adalah nilai yang menjelaskan bagaimana tingkat ketajaman layar pada suatu perangkat/gadget. Bagaimanakah cara menghitungnya?

Semakin tinggi sebuah pixel density, semakin tajam pula kualitas gambar yang dihasilkan oleh layar. Saat ini pabrikan smartphone dan gadget berlomba-lomba untuk membuat layar dengan pixel density yang baik. Namun sebenarnya pixel density bukan satu-satunya hal yang penting dalam menentukan baik buruknya sebuah layar. Selain pixel density, kualitas layar juga ditentukan oleh kualitas warna, responsiveness, dan lain-lain.

Contoh pixel density yang terdapat pada smartphonesmartphone modern saat ini:

  • iPhone 4 dan iPhone 4s, yang sama-sama menggunakan layar berukuran bertajuk Retina Display, memiliki resolusi 960×640 dengan ukuran 3,5 inci, dan memiliki pixel density sebesar 326.
  • iPhone 5, yang menggunakan layar yang beresolusi 1136×630 dengan ukuran 4 inci, memiliki pixel density sebesar 326.
  • Galaxy S3  layar berukuran besar yaitu 4,8 inci, memiliki resolusi 1280×720, sehingga mendapatkan nilai pixel density sebesar 306.

Dilihat dari contoh di atas, Galaxy S3, walaupun memiliki resolusi yang paling tinggi diantara ketiganya, memiliki nilai pixel density yang paling rendah. Hal tersebut disebabkan oleh layarnya yang berukuran lebih besar dari dua lainnya. Apple, di sisi lain, berusaha mempertahankan pixel density di angka 326, sehingga di iPhone terbaru mereka pun, walaupun ukuran layarnya lebih besar, dibuat memiliki pixel density yang sama dengan iPhone 4 yang ukurannya lebih kecil.

Namun, apakah itu berarti kualitas layar iPhone 4, 4s, dan 5 lebih baik dari kualitas layar Galaxy S3? Itu merupakan personal preference. Apabila Anda menyukai gambar yang terang, kaya warna dan besar, maka Galaxy S3 cocok untuk Anda. Tetapi apabila Anda menyukai layar yang lebih kecil dengan warna yang lebih natural, maka jajaran iPhone-lah yang cocok untuk Anda.

Bagaimana cara menghitungnya?

Nah, setelah mengetahui mengenai apa itu pixel density, kebanyakan orang pasti penasaran dan bertanya-tanya bagaimanakah cara menghitung pixel density, dan ingin mencoba menghitung perangkat masing-masing.

Dalam menghitung pixel density terdapat dua langkah, langkah pertama adalah dengan menghitung jumlah pixel diagonal, dengan menggunakan rumus pitagoras:

di mana:
 adalah resolusi diagonal dari layar tersebut,
 adalah resolusi horizontal (mendatar) dari layar tersebut,
 adalah resolusi vertikal (tegak) dari layar tersebut,
 adalah ukuran layar, dalam inci.

Contohnya, apabila Samsung Galaxy S3 memiliki ukuran layar 4,8 inci, resolusi tegak 1280, dan resolusi mendatar 720, maka dengan menggunakan rumus di atas dapat dihitung:

Dari persamaan di atas, dapat ditemukan bahwa  adalah 1.468.

Setelah itu, tinggal membagi  dengan , sehingga menjadi 1.468 dibagi 4,8, yang menghasilkan 305.833.

Maka dari itu pixel density dari Galaxy S3 adalah 305.833 atau dibulatkan menjadi 306.

Rumus ini dapat diterapkan untuk menghitung berbagai jenis perangkat, baik itu smartphone, tablet, maupun laptop.

Jadi, berapakah pixel density dari perangkat Anda?

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.
  • Khalid

    maaf mas, itu persamaannya dapat dari mana ya? sumbernya dari mana? tks.