WebPlatform, Sebuah Website Standar Dokumentasi

webplatform featured

Perkembangan dunia website sangat cepat dan semakin ke arah yang lebih baik, namun hal ini tentu harus diikuti pula dengan perkembangan para developer dan designer agar bisa semakin memanfaatkan teknologi yang ada. Hal ini memunculkan inisiatif baru kepada para pemain besar di bidang tersebut untuk membuat sebuah standarisasi dokumentasi secara terbuka untuk umum.

Ini merupakan sebuah proyek besar yang didukung oleh

Ini adalah Wikipedia-nya para developer untuk menemukan informasi akurat dan berkualitas mengenai HTML5, CSS4, dan standar-standar lainnya yang digunakan dalam teknologi website saat ini. Website ini juga telah dipenuhi informasi dari organisasi dan perusahaan yang terkait untuk pengembangan website, dan saat ini dibuka untuk umum. Sehingga semua orang bisa bergabung dengan komunitas ini dan saling men-sharing pengetahuan, pengalaman, dan idenya masing-masing.

Alasannya sederhana, saat ini ketika anda membuat website anda harus memikirkan website ini untuk 5 browser yang berbeda. Setelah itu, anda juga harus memikirkan website-website yang berukuran lebih kecil atau browser yang ada di tablet dan smartphone. Website ini akan menjadi panduan anda.

W3C akan menjadi site’s convener dan curator, sederhananya W3C akan menjadi organisasi yang mengawasi diskusi dan sharing knowledge dalam WebPlatform ini. Direktur W3C, Tim Berners-Lee mengatakan:

People in the community, including browser makers, authoring tool makers, and leading-edge developers and designers have tremendous experience and practical knowledge about the web.

Orang-orang didalam komunitas, termasuk pembuat web browser, pembuat authoring tool, para pengembang dan designer terdepan mempunyai pengalaman dan pengetahuan praktis luar biasa  mengenai web.

Anda pun di undang untuk bergabung ke dalam komunitas (WebPlatform) ini jika anda tertarik.

Referensi: webplatform.org, youtube.com/webplatformdocs.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.