Live Video: Felix Baumgartner Skydiving Dari Ketinggian 37 Kilometer

Felix Baumgartner

Selasa ini, tepatnya 9 Oktober 2012 19.30 WIB nanti, Felix Baumgartner, seorang skydiver asal Austria akan mencoba melakukan skydiving dari ketinggian 37 kilometer di atas permukaan laut, dan mendarat di tengah-tengah padang pasir New Mexico. Lompatan yang diberi nama Red Bull Stratos Mission to the Edge of Space ini sudah direncanakan sejak 7 tahun yang lalu, dan akan menjadi rekor dunia baru dalam hal skydiving paling tinggi, paling cepat, dan paling lama.

Live stream event bersejarah ini bisa ditonton di sini:

Update: Event ini ditunda untuk sementara akibat cuaca buruk, sampai waktu yang belum dapat dipastikan.

Update: Baumgartner kembali mencoba melakukan lompatan pada tanggal 14 Oktober 2012, simak beritanya di sini.

Diperkirakan Felix Baumgartner akan meluncur dengan kecepatan mencapai Mach 1,2, yaitu sekitar 1.110 kilometer per jam, saat jatuh bebas selama 5 menit 30 detik sebelum akhirnya ia akan membuka parasutnya pada ketinggian 5.000 kaki (1.524 kilometer) di atas permukaan laut, untuk mengurangi kecepatannya sampai kemudian menyentuh tanah.

Rekor sebelumnya dipegang oleh Joseph Kittinger, purnawirawan Angkatan Udara Amerika Serikat (U.S. Air Force), yang juga merupakan tim dari Red Bull Stratos, yang melompat dari ketinggian 31,3 kilometer di atas permukaan tanah pada 16 Agustus 1960.

Seperti apa kira-kira lompatan yang akan mengukir rekor dunia ini? Mari kita tunggu 5 jam lagi!

 

Referensi: nationalgeographic.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.