Pernyataan Resmi Apple Mengenai Efek Ungu di Kamera iPhone 5

Purple Flare

Apple baru saja merilis dokumen resmi untuk menjawab permasalahan efek ungu, purple glare, yang muncul di kamera iPhone 5 apabila digunakan untuk mengambil foto dengan posisi menghadap cahaya pada sudut tertentu.

Most small cameras, including those in every generation of iPhone, may exhibit some form of flare at the edge of the frame when capturing an image with out-of-scene light sources. This can happen when a light source is positioned at an angle (usually just outside the field of view) so that it causes a reflection off the surfaces inside the camera module and onto the camera sensor. Moving the camera slightly to change the position at which the bright light is entering the lens, or shielding the lens with your hand, should minimize or eliminate the effect.

Kebanyakan kamera kecil, termasuk yang ada di setiap generasi iPhone, mungkin akan menghasilkan efek flare di bagian pinggir dari gambar pada saat memoto dengan cahaya dari pinggir obyek foto. Hal tersebut terjadi karena sumber cahaya terdapat di sebuah sudut (biasanya berada di luar area pandang kamera) sehingga hal tersebut mengakibatkan pantulan cahaya di dalam modul kamera dan di dalam sensor kamera. Menggerakkan kamera sedikit untuk mengubah posisi cahaya masuk, atau menutupi sumber cahaya dengan tangan Anda, dapat memperkecil atau menghilangkan efek tersebut.

Halaman resmi dari Apple: support.apple.com/kb/TS4436

Terlihat di pernyataan tersebut, Apple mengatakan bahwa efek ini terjadi di “setiap generasi iPhone”, tetapi menurut tes yang dilakukan oleh Mashable, efek ini hanya terjadi di iPhone 5. Apakah ini ada hubungannya dengan modul kamera di iPhone 5 yang dibuat lebih tipis untuk dapat masuk ke dalam tubuh iPhone 5 yang sangat ramping?

iPhone 5 merupakan ponsel generasi keenam yang diluncurkan oleh Apple. Diperkenalkan pada awal September 2012 yang lalu, iPhone 5 berhasil menembus penjualan 2 juta unit pada 24 jam pre-order, dan 5 juta unit dalam 3 hari pertama.

 

Referensi: mashable.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.