Keuntungan Q3 HTC Menurun 79% Dibanding Tahun Lalu

HTC

Kelihatannya tahun 2012 ini bukanlah tahun yang baik bagi HTC. Perusahaan asal Taiwan tersebut baru-baru ini merilis pendapatan mereka pada kuartal ke-tiga tahun 2012, dan tampak bahwa keuntungan bersih mereka menurun jauh dibandingkan dengan tahun lalu. Hal itu terutama disebabkan oleh ponsel andalan mereka kurang dapat bersaing melawan iPhone buatan Apple maupun berbagai macam perangkat Galaxy buatan Samsung.

Memegang predikat sebagai perusahaan pembuat smartphone terbesar nomor 5 di dunia, HTC melaporkan bahwa keuntungan bersih mereka pada kuartal ke-tiga tahun 2012 ini anjlok sejauh 79% dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun 2011.

Pada senin kemarin, HTC sempat mengutarakan bahwa pendapatan mereka sepanjang Juli-September 2012, dilaporkan sebesar T$3,9 miliar ($133,17 juta, atau Rp 1,277 trilyun), turun dari T$ 18,68 milyar (Rp 6,115 Trilyun) pada kuartal yang sama tahun 2011, dan juga turun dari T$ 7.4 milyar (Rp 2,422 trilyun) pada kuartal sebelumnya.

Di sisi lain, Samsung Electronics melaporkan bahwa pendapatan mereka meningkat menjadi $7,3 milyar (Rp 70 trilyun), berkat penjualan perangkat Galaxy mereka yang sukses, dan juga karena mereka mempunyai beberapa lini produk lain, seperti televisi.

Beberapa minggu yang lalu, HTC terlihat gencar memperkenalkan beberapa produk baru untuk mendapatkan pangsa pasar mereka kembali. Mereka sempat merilis HTC J yang ditujukan untuk pasar Jepang, dan juga HTC One X+, yang merupakan kelanjutan dari seri HTC One X. Kedua ponsel tersebut menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Mereka juga sempat merilis 8X dan 8S, yang menggunakan sistem operasi Windows Phone 8.

Sangat disayangkan bagi HTC, karena sebenarnya kualitas smartphone yang mereka buat cukup baik. Dari sisi build quality, HTC bisa dibilang setara dengan Nokia, yang menggunakan bahan yang keras dan terasa solid di tangan. Dari sisi software, sebetulnya HTC juga tidak kalah dari Samsung, contohnya skin Sense UI yang mereka buat terasa sangat nyaman digunakan, dan animasinya juga terbilang smooth.

 

Referensi: reuters.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.