Haruskah Anda Membeli Gadget Baru?

Gadgets Featured

Kegalauan yang terjadi pada masyarakat saat ini, khususnya yang sudah terbiasa hidup dengan teknologi dan internet, adalah ketika sebuah gadget baru diluncurkan. Contoh paling sederhana ketika iPhone 5 diluncurkan, meskipun sampai saat ini belum ada tanda-tanda masuk ke Indonesia, tapi rasanya sebagian pengguna iPhone generasi sebelum-sebelumnya atau para pengguna non-iPhone sudah memikirkan dan menabung untuk mendapatkan gadget yang 1 ini.

Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah seberapa perlukah anda mengganti gadget ke gadget yang lebih baru tersebut ? Atau itu hanya keinginan semata / gengsi saja ?

Mungkin sebelum anda rela mengantri seperti ini:

Sebaiknya anda pikirkan terlebih dahulu matang-matang apakah anda benar-benar membutuhkan gadget baru tersebut?

Faktor-faktor yang harus anda perhitungkan adalah:

  • Harga,
  • Fitur,
  • Kegunaan bagi anda,
  • Perbedaan dengan gadget anda,
  • Perbedaan dengan versi sebelumnya,
  • Garansi,
  • Keberadaan toko / tempat service di daerah anda tinggal.

Sering kali teman-teman saya banyak meminta pendapat kepada saya mengenai haruskah ia meng-upgrade gadget miliknya karena versi yang lebih baru sudah keluar.

Tetapi ketika saya mencoba membantu mereka dengan memberikan fakta-fakta terhadap gadget baru yang mereka inginkan dan gadget yang sudah mereka miliki, mereka sering kali mengeluarkan alasan-alasan mengapa ia harus memiliki gadget baru tersebut. Sebenarnya alasan-alasan itulah yang anda perlukan, lalu mengapa anda harus ‘galau’ lagi ?

Untuk mempermudahnya, scordit membuat sebuah flow chart infografisShould You Get The New …..?” Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini akan memudahkan anda mengambil keputusan apakah anda harus membeli gadget baru tersebut atau tidak. Simak infografis berikut ini. 

Jadi, apakah anda masih memerlukan sebuah gadget baru ? Pertanyaan yang pada akhirnya hanya bisa dijawab oleh diri anda sendiri.

Referensi: scordit.com, jagatreview.com, cnet.co.uk, endgadget.com.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.