Social Media Untuk Bencana

volcano

Social Media atau jejaring sosial saat ini benar-benar sudah mengubah hampir seluruh aspek dalam hidup kita. Saya yakin anda saat ini paling tidak memiliki sebuah akun jejaring sosial, baik itu Facebook, Twitter, Blog, Google+, atau jejaring sosial lainnya. Tetapi pernahkah anda berpikir atau mengira bahwa jejaring sosial bisa digunakan untuk membantu anda dan orang-orang sekitar anda dalam menghadapi bencana ?

Jika anda pernah menonton film The Social Network, anda mungkin ingat kutipan kalimat yang satu ini:

Saat ini memang kita sudah bisa dibilang hidup sebagian di internet, kita bisa lihat dari banyaknya waktu yang kita habiskan di depan internet setiap harinya. Lalu bagaimana jejaring sosial bisa membantu anda ketika anda saat sedang menghadapi bencana atau musibah ?

Contoh yang paling sederhana pada tahun 2010, dimana terjadi gempa yang besar menerjang Haiti dan mengakibatkan banyak korban luka, kehilangan tempat tinggal, dan meninggal dunia. Orang-orang di dunia, khususnya melalui jejaring sosial, membantu Haiti untuk bisa bangkit yang di pelopori oleh musisi-musisi dunia dalam video berikut ini.

Untuk lebih jelasnya, simak infografis oleh EtonCorp berikut ini yang dilengkapi oleh beberapa contoh kasus di dunia dan Amerika Serikat.

Referensi: etoncorp.com, rosscbrown.co.uk, photovolcanica.com, youtube.com/wearetheworld.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.