97 Detik Mengerti Kasus Apple VS Samsung

apple vs android

Kasus perang paten antara Apple dan Samsung memang sangat panjang dan membingungkan. Sebagian orang mungkin hanya mengetahui bahwa Apple sudah menang dan Samsung kalah. Lalu ?

OnlineMBA.com membuat sebuah video singkat yang menjelaskan bagaimana awal mula perang paten dimulai antara Samsung dan Apple, sampai kemenangan Apple di pengadilan yang membuat Samsung harus membayar US$1.05 Billion, dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.

Simak video berikut ini:

Anda sudah paham ? Lalu bagaimana yang akan terjadi di masa yang akan datang ?

Kita hanya bisa melihat dan menunggu. Sebenarnya peran paten ini bukan hanya sekedar Apple melawan Samsung, tetapi juga Apple melawan Android, perlu kita ingat bahwa dalam buku riwayat hidup Steve Jobs yang ditulis oleh Walter Isaacson, ada sebuah pernyataan menarik dari Steve Jobs:

“I will spend my last dying breath if I need to, and I will spend every penny of Apple’s $40 billion in the bank, to right this wrong. I‘m going to destroy Android because it’s a stolen product. I’m willing to go to thermonuclear war on this. They are scared to death because they know they are guilty.”

“Saya akan menghabiskan nafas terakhir saya saat saya sekarat jika diperlukan, dan saya akan menghabiskan setiap uang dari uang Apple di bank sebesar $40 billion, untuk membenarkan yang salah. Saya akan menghancurkan Android karena itu adalah produk curian. Saya bersedia untuk berperang nuklir untuk ini. Mereka takut setengah mati karena mereka tahu bahwa mereka salah.”

Apple dan Google sebelumnya memang mempunyai hubungan baik, terutama ketika pada tahun 2006, Eric Schmidt, yang pada waktu itu menjabat menjadi CEO dari Google, juga menjabat sebagai dewan direksi dari Apple. Tetapi kemudian pada tahun 2009, Eric Schmidt mengundurkan diri dari jabatannya di Apple, dan tidak lama kemudian Google habis-habisan mengembangkan Android sampai saat ini.

Banyak konspirasi dalam hal ini, tetapi yang jelas Google pun sudah menyarankan vendor-vendor yang menggunakan Android untuk meng-upgrade device mereka ke Android 4.0 ke atas, karena Android versi di bawah 4.0 melanggar paten Apple.

Referensi: vimeo.com, abheysharma.wordpress.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.