Motorola Mengakuisisi Perusahaan Computer Vision Viewdle

Anak perusahaan Google, Motorola, dikabarkan mengakuisisi sebuah perusahaan yang pengembang aplikasi computer vision, Viewdle. Motorola telah memberikan pernyataan resmi mengenai hal ini, setelah beberapa hari terakhir rumor mengenai akuisisi ini sudah marak beredar.

Berikut adalah pernyataan resmi dari juru bicara Motorola terkait hal ini:

“Motorola Mobility today announced that it has acquired Viewdle, a leading imaging & gesture recognition company. Motorola and Viewdle have an existing commercial agreement and have been collaborating for some time. Terms of the transaction were not disclosed.”

 “Motorola Mobility hari ini mengumumkan bahwa Motorola telah mengakuisisi Viewdle, perusahaan pendeteksi gambar dan gerakan (gesture). Motorola dan Viewdle sudah memiliki beberapa perjanjian sebelumnya, dan sudah sering berkolaborasi beberapa waktu terakhir. Hal lain mengenai proses akuisisi ini tidak dapat kami beritahukan lebih lanjut.”

Ada sumber yang dekat dengan perusahaan tersebut memberitahu TechCrunch bahwa Viewdle dan Google telah membicarakan mengenai akuisisi ini pada tahun 2008, dan Motorola juga pernah membicarakannya pada tahun 2011, tahun yang sama dengan saat Motorola akhirnya diakuisisi Google.

Computer vision, merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sebuah komputer untuk melihat mengenali suatu objek, baik itu berupa benda, gambar, tulisan, maupun logo, dari sebuah gambar atau video. Contoh computer vision yang sudah sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah face recognition di dalam kamera digital. Ada juga teknologi smile detection di kamera digital, yang mana kamera tersebut akan mengambil foto pada saat orang yang sedang melihat ke arah kamera tersenyum.

Sedangkan teknologi computer vision yang dikembangkan oleh Viewdle sudah lebih canggih dari itu. Dengan aplikasi yang mereka buat, Anda dapat berinteraksi dengan gadget Anda hanya dengan mengarahkan tangan di depan gadget Anda, tanpa perlu menyentuh layarnya sama sekali. Ada juga aplikasi face detection yang dapat mengetahui siapa orang yang nampak di sebuah foto, dan langsung menge-tag-nya.

Berikut adalah video resmi dari Viewdle, menjelaskan mengenai teknologi mereka:

Viewdle – See the World Through Computer Vision from Viewdle on Vimeo.

 

Referensi: techcrunch.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.