Lockitron, Gunakan Ponsel Anda Untuk Mengunci Pintu

Lockitron App

Ponsel, terlebih lagi smartphone, ditujukan untuk memudahkan hidup Anda. Dengan smartphone, selain dapat bertelepon dan ber-SMS dengan teman, Anda juga dapat berselancar di internet, menonton video, bahkan mengambil foto dengan kualitas yang cukup bagus. Namun tahukah Anda kalau ternyata smartphone (dan ponsel lainnya) juga dapat digunakan untuk kunci rumah?

Lockitron (lockitron.com) sedang mengembangkan hal tersebut. Aplikasi yang mereka kembangkan tersebut dapat digunakan di smartphone dengan berbagai platform seperti Android dan iOS, dan juga dapat digunakan oleh ponsel-ponsel jenis lain, dengan menggunakan SMS. Beberapa detik setelah Anda memerintahkan aplikasi (atau SMS) dari ponsel Anda untuk membuka pintu, maka pintu rumah Anda akan terbuka dengan sendirinya. Dan setelah Anda masuk, pintu tersebut juga akan menutup dengan sendirinya, sehingga Anda tidak perlu lupa mengunci pintu.

Terkadang, Anda belum sampai rumah sepulang kerja, sedangkan teman Anda sudah menunggu di depan pintu rumah, dan karena rumah kebetulan sedang dalam keadaan kosong tidak ada yang membukakan teman Anda pintu. Nah, dengan Lockitron, Anda juga dapat menge-share akses pintu rumah Anda ke ponsel milik teman Anda, sehingga mereka dapat masuk sendiri. Tentunya Anda dapat membatasi dari kapan dan sampai kapan orang tersebut akan punya akses ke pintu rumah Anda.

Untuk teknologi sendiri, Lockitron menggunakan wifi sebagai konektivitas dengan internet, dan menggunakan chipset Arduino sebagai otaknya. Karena menggunakan Arduino itulah, Lockitron sangat mungkin di-customize. Bahkan di video di bawah, Anda dapat menggunakan 6 pisang untuk membuka pintu rumah Anda. Unik, kan?

Fitur yang menurut saya paling menarik adalah keyless entry ke dalam rumah. Ya, seperti mobil-mobil sekarang, Anda dapat masuk ke rumah tanpa perlu menyentuh kunci atau membuka ponsel. Cukup dengan berjalan ke arah pintu rumah sambil mengantongi smartphone Anda, kunci pintu rumah Anda akan terbuka dengan sendirinya. Teknologi yang digunakan di sini adalah Bluetooth 4.0. Fitur ini sementara hanya terdapat di iPhone 4s dan iPhone 5.

Selain itu Anda akan dikirimi notifikasi langsung ke ponsel Anda setiap kali ada orang yang membuka/mengunci pintu Anda, dan bahkan pada saat seseorang mengetuk pintu Anda, itu karena Lockitron memiliki sensor ketukan.

Untuk energi sendiri Lockitron menggunakan empat buah baterai AA, yang diklaim dapat bertahan hingga satu tahun.

Anda tertarik memilikinya? Sekarang Lockitron sedang dalam tahap funding (pendanaan), dan Anda dapat memesannya seharga $129, atau sekitar 1,42 juta rupiah, langsung dari website mereka di lockitron.com. Dengan membayar ongkos kirim, Lockitron akan langsung dapat dikirimkan sampai ke rumah Anda.

 

Berikut adalah video resmi dari Lockitron:

 

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.