Lenovo Membangun Pabrik di North Carolina

Lenovo mengumumkan pada selasa kemarin bahwa mereka akan membuka pabrik komputer mereka di Amerika Serikat untuk pertama kalinya. Pabrik itu nantinya akan difungsikan untuk merakit laptop, PC, dan tablet yang berada di bawah merk Think. Pabrik tersebut juga akan membuat North Carolina menjadi negara bagian yang cukup dilirik oleh perusahaan teknologi, mengingat data center Apple dan data center Facebook berada di sana.

Pabrik yang akan mulai beroperasi pada awal tahun depan tersebut akan menjadi pabrik pertama miliki Lenovo yang dibangun di Amerika Serikat. Sebelumnya, Lenovo sudah memiliki beberapa pabrik di berbagai belahan dunia, termasuk Meksiko, Brasil, dan Cina.

Lenovo merupakan pembuat komputer terbesar nomor dua di dunia, setelah Hewlett-Packard. Walaupun begitu, penjualan Lenovo termasuk sangat bagus, dan mereka terus mempertipis jarak dengan Hewlett-Packard. Menurut data dari lembaga riset Gartner, pada kuarter pertama tahun 2011, penjualan Lenovo sebanyak 9.075.667 unit (10.4%), sementara Hewlett-Packard sebanyak 14.785.739 unit (16.9%). Pada tahun 2012, penjualan Lenovo melonjak sebesar 28,1% menjadi 11.629.510 unit (13.1%), sementara penjualan Hewlett-Packard meningkat 3,5% menjadi 15.305.413 (17,2%).

Lenovo memiliki penjualan yang bagus di Asia Pasifik dan Eropa, dan masih berkembang di pasar Amerika Serikat. Pabrik di Amerika Serikat ini diharapkan akan membantu mengembangkan pasar Amerika Serikat. Operasional Lenovo di Amerika Serikat sendiri memang selama ini dilaksanakan di North Carolina, mereka juag memiliki distribution center di negara bagian tersebut.

 

Referensi: engadget.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.