Yandex Membuat Browser dan App Store Android Alternatif

Yandex

Layanan internet raksasa asal Rusia, Yandex (yandex.com), dikabarkan mengumumkan dua layanan baru mereka. Yang pertama adalah browser berbasis Webkit, yang dapat digunakan di platform Windows dan Mac OS. Sedangkan layanan kedua yang mereka luncurkan hari ini adalah app store alternatif untuk Android.



Browser yang dibuat Yandex, yang disebut Yandex.Browser, menggunakan engine WebKit, yang juga menjadi engine di browser Safari dari Apple dan Google Chrome dari Google. Yandex juga mengatakan bahwa browser besutan mereka tersebut berdasarkan proyek open source Chromium. Yandex juga bekerja sama dengan perusahaan keamanan Kaspersky untuk memperingatkan pengguna apabila mereka mencoba mengakses situs yang dianggap mengandung malware.

Yandex.Browser dikabarkan akan dapat dijalankan di Windows dan Mac OS, dan kemungkinan juga akan merambah perangkat mobile. Untuk versi Windows dan Mac OS akan dapat mulai di-download pada 1 Oktober pukul 17.00 waktu Moskow, atau pukul 20.00 WIB.

Selain Yandex.Browser, Yandex juga mengumumkan bahwa mereka juga sedang mengembangkan app store yang ditujukan untuk platform Android. App store tersebut diberi nama Yandex.Store. Melalui app store ini, pengguna, selain tentunya dapat men-download aplikasi Androit favorit mereka, juga akan mendapatkan fitur-fitur seperti in-app purchasing, push notifications, advanced app search, dan juga metode pembayaran yang mencakup mobile billing, credit card, dan e-money. Untuk saat ini aplikasi Android yang tersedia di Yandex.Store sudah mencapai 38.000, dan terus bertambah.


Yandex.Store sendiri baru akan dibuka untuk publik pada akhir Oktober ini. Sementara bagi Anda para developer, dapat mengakses developer.yandex.com untuk mengetahui bagaimana caranya untuk bergabung dan menjual aplikasi Android Anda di ekosistem Yandex.

Sebagian dari pernyataan resmi Yandex mengenai Yandex.Store:

Yandex.Store is a native client that features in-app purchasing, push notifications, advanced app search and payment methods that include mobile billing, credit card and e-money.

 

 Yandex Store adalah aplikasi native yang memiliki berbagai fitur seperti in app purchasing, push notifications, advanced app search dan metode pembayaran seperti mobile billing, credit card and e-money.

Sebagian dari pernyataan resmi Yandex mengenai Yandex.Browser:

The Yandex browser uses the WebKit engine, popular with a large number of web developers. The browser’s user interface is based on the open-source Chromium code. The Yandex browser platform has through a technological partnership with a key long term partner been expanded to incorporate Opera Software’s Turbo technology, which allows to boost the browser’s page loading capacity even with a slow connection. The Turbo mode will be included in the next browser release. In addition to the basic open-source components, the browser has also been augmented with out-of-the-box plug-ins, including the latest versions of Adobe FlashTM and a PDF reader.

The Yandex browser supports Windows and Mac OS and can be downloaded at browser.yandex.ru, browser.yandex.com.

 

Yandex browser menggunakan engine WebKit, yang sangat populer bagi para pengembang web. Antarmuka pengguna browser ini didasarkan pada kode open-source dari Chromium. Platform browser Yandex telah menjalin kerja sama dengan mitra kami, Opera, yang telah membantu mengimplementasikan teknologi dari Opera Software, yang memungkinkan kecepatan loading di browser kami sangat cepat walaupun dengan menggunakan koneksi lambat. Turbo mode akan diikutsertakan dalam perilisan browser versi berikutnya. Di samping komponen-komponen dasar open-source, browser ini juga telah dilengkapi dengan plugin termasuk Adobe Flash dan PDF Reader, langsung tanpa perlu men-download-nya secara terpisah.

Browser Yandex mendukung Windows dan Mac OS, dan dapat di-download di browser.yandex.ru dan browser.yandex.com.

 

Referensi: thenextweb.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.