Teknologi Wireless Charging Dari Nokia

nokia wireless charging

Apakah anda sudah pernah mendengar teknologi wireless charging ? Sesuai dengan namanya, wireless charging artinya anda bisa melakukan pengisian baterai handphone anda tanpa menggunakan kabel. Wireless charging adalah salah satu teknologi yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pengguna. Bayangkan ketika anda tidak repot-repot mencari charger lagi ketika baterai handphone anda sekarat.

Nokia mengatakan dalam blog-nya:

Charging your phone has never been easier

Apa sebenarnya teknologi wireless charging ini ?

Jika anda bertanya hal seperti ini, tentu jawabannya akan sedikit teknis. Wireless charging adalah metode mentransimisikan energi melalui udara ke perangkat elektronik tujuan pengisian. Dalam kasus ini, smartphone, sederhananya anda tidak perlu menyolok kabel kepada handphone anda untuk melakukan pengisian energi baterai.

Sebuah transmitter coil diletakkan pada bagian bawah (L1) dan receiver coil diletakkan pada bagian atas (L2) dan kedua coil (kumparan) ini ditempatkan pada perangkat yang berbeda. Kemudian arus bolak dalam transmitter coil menghasilkan medan magnet, yang menginduksi tegangan pada receiver coil. Tegangan listrik ini kemudian digunakan untuk mengisi perangkat.

Bingung ? Saya juga. Tetapi pada dasarnya teknologi ini sudah ada sekarang dan kita sudah bisa menikmatinya.

Nokia sudah mengimplementasikan teknologi wireless charging ke 2 smartphone terbarunya, yaitu Nokia Lumia 920 dan Nokia Lumia 820. Seperti apa wireless charging dari Nokia ini ? Ada beberapa alternatif untuk melakukan wireless charging dari 2 Nokia Lumia ini, antara lain:

  • Nokia Wireless Charging Plate
  • Nokia Wireless Charging Pillow by Fatboy

  • Nokia Wireless Charging Stand
  • JBL PowerUp Wireless Charging Speaker for Nokia

Pada gambar terakhir menggambarkan bahwa berbagai gadget (sebuah speaker) sudah dilengkapi wireless charging yang mendukung perangkat dari Nokia. Kedepannya mungkin akan semakin banyak produser aksesoris pendukung gadget-gadget seperti ini untuk bisa melakukan wireless charging.

Nokia di Amerika Serikat juga sudah melakukan kerjasama dengan beberapa tempat-tempat makan, hang-out, sampai dengan maskapai penerbangan seperti Coffee Bean and Tea Leaf, Virgin Atlantic untuk menyediakan fasilitas wireless charging untuk Nokia Lumia yang akan datang di atas meja-meja tempat para pelanggan duduk.

Untuk lebih jelasnya anda juga bisa melihat video berikut ini.

Saya rasa nantinya semua smartphone dan handphone, serta mungkin juga tablet akan menggunakan teknologi wireless charging seperti ini karena akan jauh lebih efisien dan mudah. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah kompatibilitasnya.

Beberapa tahun lalu kita masih ingat ketika semua kabel charger handphone berbeda, sehingga apabila kita memiliki 2 handphone dari 2 brand yang berbeda, kita harus memiliki 2 charger. Semua itu berubah beberapa tahun terakhir ini ketika micro USB menjadi standarisasi kabel-kabel penghubung handphone, yang saat ini anda bisa temui di handphone-handphone Samsung, LG, HTC, Sony, Nokia, kecuali iPhone.

Semoga saja teknologi wireless charging juga memiliki standarisasi tertentu sehingga bisa digunakan untuk beberapa brand yang berbeda guna kemudahan para pelanggan itu sendiri. Bagaimana menurut anda ?

Referensi: conversations.nokia.com, youtube.com/nokia.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.