Samsung Menuntut Apple di Pengadilan Amerika Serikat

Apple vs Samsung

Perang paten berlanjut. Samsung, yang beberapa minggu lalu kalah dari Apple dan diharuskan membayar denda sebesar $1 milyar atas tuduhan mencontek desain produk Apple, kali ini menyerang balik dengan paten LTE yang mereka miliki. Sebelumnya dikabarkan bahwa Samsung sempat memperingati Apple bahwa apabila Apple mengeluarkan teknologi LTE di perangkat iPhone 5 mereka, maka Samsung akan menuntutnya.

“We have little choice but to take the steps necessary to protect our innovations and intellectual property rights,” said Samsung to Reuters.

“Kami tidak punya pilihan kecuali mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi inovasi dan hak kekayaan intelektual milik kami,” jelas Samsung kepada Reuters.

Tuntutan ini dikabarkan dilayangkan satu jam sebelum pengadilan memutuskan untuk melepaskan pemblokiran penjualan atas tablet milik Samsung, Samsung Galaxy Tab 10.1, di Amerika Serikat. Pemblokiran tersebut juga merupakan salah satu akibat dari perang paten yang sebelumnya terjadi di antara kedua perusahaan, yang dimenangkan oleh Apple dan mengharuskan samsung membayar $1 milyar.

Setelah dihubungi oleh TechCrunch, Samsung memberikan pernyataan lebih lanjut terkait hal ini:

“We have always preferred to compete in the marketplace with our innovative products, rather than in a courtroom. However, Apple continues to take aggressive legal action that will restrict market competition. Under these circumstances, we have little recourse but to take the steps necessary to protect our innovations and intellectual property rights.”

“Kami sebenarnya memilih untuk bersaing di pasar dengan produk-produk kami yang inovatif ketimbang harus bersaing di meja hijau. Tetapi, Apple terus menerus melakukan penuntutan yang akan membatasi kompetisi di pasar. Karena itulah, kami tidak memiliki jalan lain keuali mengambil langkah ini untuk melindungi inovasi dan hak kekayaan intelektual kami.”

Teknologi yang dipermasalahkan adalah LTE (Long Term Evolution), yaitu teknologi pengiriman paket data melalui jaringan seluler yang kecepatannya bisa mencapai puluhan megabit per detik, lebih cepat daripada internet broadband rata-rata yang ada di perumahan. Teknologi tersebut sebetulnya sudah pernah dibenamkan oleh Apple di perangkat iPad generasi ketiga. Saingan Apple, termasuk Samsung, sebelumnya sudah memperingati Apple bahwa mereka akan menuntut Apple apabila Apple menggunakan LTE di iPhone 5, dan mereka akan berusaha memblokir penjualan iPhone 5 di Amerika Serikat.

 

Referensi: techcrunch.com, reuters.com
Sumber Gambar: mactrast.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.