Memanfaatkan Instagram Untuk Marketing

Menggunakan jejaring sosial sebagai media promosi dan komunikasi adalah hal yang lumrah saat ini. Namun sudahkah anda menerapkannya ke dalam bisnis anda ? Jika belum, sebaiknya pelajarilah inbound marketing dengan segera karena trend akan terus berkembang dan berubah, tidak ada yang abadi.

Apabila anda saat ini sudah menggunakan paling tidak Facebook dan Twitter sebagai salah satu media promosi dan komunikasi bagi brand anda, mungkin anda bisa mulai melirik Instagram. Instagram diluncurkan sejak Oktober 2010, sebuah jejaring sosial mobile yang konten utamanya adalah foto dan gambar.

Instagram juga baru-baru ini dibeli oleh Facebook sebesar $1 Billion saat ini memiliki 50 juta pengguna, terutama sejak masuk ke platform Android. Lalu bagaimana anda bisa memanfaatkan Instagram untuk marketing ?

  • Foto
  • Hashtag

Ini adalah dua kunci sukses memaksimalkan Instagram anda. Anda harus memiliki konten berupa foto-foto yang menarik untuk bisa mempromosikan brand anda dan anda juga harus menggunakan hashtag yang tepat agar datang orang-orang yang tepat untuk melihat foto anda.

Marketo, sebuah perusahaan penyedia software marketing automation membuat sebuah infografis yang cukup detil mengenai pemanfaatan Instagram. Simak infografis berikut ini.

Referensi: columnfivemedia.com, marketo.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.