Inspirasi Archana’s Kitchen Bagi Para Entrepreneur

archana doshi

Potensi yang dimiliki oleh dunia internet sangat besar untuk mengembangkan bisnis yang anda miliki. Mulai dari revolusi dalam dunia marketing hingga memanfaatkan jejaring sosial untuk bisnis. Kali ini giliran Archana Doshi, seorang wanita entrepreneur dari India yang menceritakan kisahnya bagaimana ia bisa memulai bisnisnya dari internet.

Archana adalah seorang ibu rumah tangga yang tinggal di India, ia memutuskan untuk berhenti bekerja ketika ia memiliki seorang anak. Tetapi waktu terus berjalan, anaknya semakin tumbuh menjadi remaja dan memiliki kesibukan sendiri.

Akibatnya, ia sebagai ibu rumah tangga mempunyai banyak waktu kosong. Kecintaannya dalam memasak membuat ia mengisi waktu luang dengan cara membuat video cooking class atau kelas memasak Archana’s Kitchen di YouTube.

Archana pertama kali memulainya tidak langsung dengan video, tetapi melalui blog dimana ia menulis resep makanan yang ia masak untuk anak-anaknya. Seiring pertumbuhan pengunjung di blog-nya, Archana membuat video memasak dan di-upload ke YouTube. Suatu hari, suami Archana memberitahu Archana bahwa jumlah orang yang melihat video-nya sudah mencapai 1 juta kali dilihat.

Kemudian tawaran-tawaran bisnis mulai menghampirinya, seperti jasa makanan catering. Dari seorang ibu rumah tangga biasa ia menjadi seorang fotografer makanan, food consultant, penulis resep, dan pelatih kuliner melalui Archana’s Kitchen.

Sebuah kalimat penutup dari Archana bagi para entrepreneur:

If you are passionate about doing something, that’s the foremost thing that counts into being an entrepreneur.

Jika anda bersemangat dalam melakukan suatu hal, itulah hal terpenting yang penting dalam menjadi seorang wirausahawan.

Kisah Archana bisa diliput oleh Google4Entrepreneurs dan bisa anda saksikan lengkap pada video berikut ini.

Referensi: archanaskitchen.com, youtube.com/google4entrepreneurs.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.