Google Melewati Microsoft, Menjadi Perusahaan Teknologi Paling Berharga Kedua Setelah Apple

Google

Senin, 1 Oktober 2012 yang lalu menjadi hari yang bersejarah bagi Google. Raksasa internet asal Mountain View tersebut untuk pertama kalinya dalam sejarah memiliki kapitalisasi pasar (market cap) lebih tinggi daripada perusahaan saingannya, Microsoft, yang berarti menjadikannya sebagai perusahaan terbesar kedua, di bawah Apple, yang bergerak di bidang teknologi informasi.

Pergerakan market cap Google dan Microsoft:
MSFT Market Cap Chart

MSFT Market Cap data by YCharts

Saham dari Google Inc (NASDAQ: GOOG) dilaporkan meningkat 0,7% menjadi $759,98 pada jam 11:13 pagi di New York dan market cap-nya mencapai kira-kira $249,2 milyar. Di sisi lain, Microsoft (NASDAQ: MSFT), pembuat sistem operasi paling populer Windows, mengalami penurunan saham sebesar 0,3% menjadi $29,67, dengan market cap $248,7 milyar.

Google, yang berdiri pada tahun 1998, pertama kali merupakan layanan search engine, namun terus berkembang dan bahkan telah membuat sistem operasi paling populer di dunia saat ini, Android. Google berkantor pusat di Mountain View, California, dan memiliki kantor cabang di berbagai belahan dunia. Kantor Google Indonesia yang terletak di Jakarta baru saja dibuka beberapa bulan yang lalu.

Namun, Google masih berada di peringkat kedua, masih cukup jauh di bawah Apple (NASDAQ:AAPL), yang memiliki market cap sebesar $632,9 milyar. Lompatan besar terjadi di market cap Apple sejak mereka meluncurkan iPad dan dibantu oleh penjualan iPhone yang terus meningkat. Padahal sebelumnya, Apple berada di bawah Microsoft.

Google memang akhir-akhir ini sangat berkembang. Mulai dari search engine buatan mereka yang, menurut Bloomberg, memiliki pangsa pasar mencapai 66%, jauh di atas pesaing mereka Bing buatan Microsoft, yang hanya 16%. Selain itu Google juga bersaing dengan Facebook (NASDAQ:FB) untuk menjadi penyedia layanan periklanan terbesar, dan Google juga masih memimpin di bisnis periklanan mobile. Google juga memiliki sistem operasi Android, yang merupakan sistem operasi mobile terpopuler saat ini, dengan pangsa pasar, menurut Gartner, mencapai 64,1%, jauh di atas iOS dari Apple dengan 19% dan Windows Phone dari Microsoft dengan 2,7%.

Sementara itu, Microsoft, agaknya sedikit menurun akhir-akhir ini. Layanan online mereka seperti Bing, masih kalah jika dibandingkan dengan layanan serupa dari Google. Microsoft masih mengandalkan penjualan sistem operasi mereka, Windows, yang hingga saat ini masih memimpin di pasar sistem operasi komputer. Tetapi penjualannya sendiri sudah mulai turun, karena konsumen mulai beralih dari komputer ke komputer tablet. Oleh sebab itu, pada 26 Oktober ini, saat Microsoft meluncurkan sistem operasi baru mereka bernama Windows 8, yang selain di komputer dapat pula dijalankan di tablet, adalah saat yang sangat penting bagi Microsoft untuk menentukan nasib mereka selanjutnya.

Sebagai informasi tambahan, pada akhir perdagangan senin kemarin, saham Google ditutup meningkat 0,96% menjadi $761,78.

Pergerakan market cap Apple, Google dan Microsoft:
MSFT Market Cap Chart

MSFT Market Cap data by YCharts

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.