Gmail: Sekarang Anda Bisa Mencari Attachment

gmail search featured

Google terus menerus mengembangkan kemampuan search engine-nya dengan tujuan agar hasil pencarian yang kita inginkan semakin sesuai dengan yang kita harapkan. Tetapi tidak hanya mesin pencari Google saja, Google juga terus mengembangkan fitur pencarian didalam produk-produknya, salah satunya untuk aplikasi email-nya yaitu Gmail.

Kabar gembira bagi anda para pengguna Gmail, saat ini anda bisa menggunakan fitur pencarian di dalam Gmail untuk mencari ke dalam attachment. Saat ini apabila seseorang mengirimkan attachment kepada anda dalam bentuk file text atau file HTML. Sedangkan untuk mencari PDF, Word, Excel, PowerPoint saat ini fitur pencarian di Gmail belum mampu.

Tetapi bukan Google namanya kalau tidak terus berinovasi, saat ini fitur pencarian Gmail sudah mampu untuk mencari ke dalam attachment anda. PDF, Word, Excel, PowerPoint sudah bisa di cari dan di indeks dalam pencarian Gmail. Tetapi mungkin Google masih membutuhkan sedikit waktu untuk bisa mengindeks file-file attachments anda yang sudah lama.

Untuk mencari di dalam attachments, anda cukup mencari kata kunci pencarian sebagai berikut: “has:attachment” pada fitur pencarian Gmail, maka akan ditampilkan semua email anda memiliki attachment. Sedangkan untuk mencari attachment dalam bentuk PDF, kata kunci pencarian yang digunakan adalah: “has:attachment filename:pdf.

Perlu diketahui yang di cari oleh fitur pencarian Gmail bukanlah apa yang ada di dalam attachment anda, tetapi apakah email tersebut memiliki attachment atau tidak.

Referensi: androidpolice.com, googlesystem.blogspot.com.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.