Kartu Nama Ber-NFC dari Moo

Moo NFC Card

Melihat semakin banyaknya smartphone dan gadget lainnya yang memiliki NFC reader/writer, moo.com, perusahaan pembuat kartu nama, mulai memasarkan kartu nama ber-NFC. Menurut mereka, kartu nama jenis ini adalah kartu nama masa depan, di mana selain bisa untuk dipakai menuliskan nama dan foto seperti kartu nama biasanya, kartu nama ber-NFC ini juga dapat menyimpan data di NFC chip-nya dan dapat digunakan untuk men-trigger beberapa hal di smartphone yang dapat membacanya.

Konsep dari kartu nama ber-NFC dari Moo sebenarnya cukup sederhana, yaitu sebuah kartu nama biasa yang memiliki chip NFC di dalamnya. Pengguna dapat menempelkan smartphone berNFC mereka ke kartu nama tersebut, dan data dari NFC tersebut akan men-trigger smartphone milik pengguna untuk melakukan sesuatu.

Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan NFC adalah membuka link website, membuka download page sebuah aplikasi, membuka Maps yang langsung menampilkan lokasi tertentu, dan juga memasukkan data contacts baru ke phonebook.

“It’s possible to rewrite NFC cards over and over, so they never go out of date, or write it so that you control the card even after you’ve handed it out — the possibilities are truly endless.”

Kartu NFC dapat ditulis ulang berkali-kali, sehingga mereka dapat selalu dapat ter-update, Anda juga dapat mengaturnya supaya tetap dapat Anda kontrol bahkan setelah Anda berikan ke orang lain — kegunaannya sungguh tidak terbatas.”

Berikut adalah video dari Moo mengenai produk terbaru mereka ini:

Sayang sekali belum semua smartphone dan gadget memiliki NFC, jadi tidak semua orang dapat memanfaatkan fitur dari kartu nama ini secara maksimal. Untuk mengetahui apakah smartphone Anda memiliki NFC, silakan berkunjung ke halaman wikipedia ini.

 

Referensi: moo.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.