Google Takeout Sekarang Bisa Untuk Men-download File YouTube Anda

Youtube Logo

Google Takeout (google.com/takeout), layanan Google yang memungkinkan Anda men-download kembali seluruh file dan konten yang telah Anda upload ke beberapa layanan Google, meluncurkan satu fitur baru. Mulai kemarin, Anda bisa men-download seluruh video yang telah Anda upload ke YouTube.

Yang menarik adalah video yang Anda download kembali itu adalah file yang persis sama dengan file yang dulunya Anda upload ke server YouTube. File-file tersebut bukan file yang telah diutak-atik oleh server Google, sebelum dapat ditampilkan di halaman YouTube.

“Your videos in. Your videos out,” said YouTube engineer Brian Hawkins in the announcement yesterday.

“Video Anda masuk. Video Anda keluar,” jelas anggota tim YouTube Brian Hawkins pada saat pengumuman fitur ini kemarin.

Yang perlu dicatat, Anda tidak dapat men-download video Youtube Anda satu per satu dengan menggunakan Google Takeout ini. Anda hanya dapat men-download seluruhnya sekaligus. Namun Google akan mengirimkannya dalam bentuk .zip, sehingga file yang Anda download akan sedikit lebih kecil. Apabila Anda memiliki banyak video di YouTube, tentu saja ukuran file tersebut akan menjadi semakin besar, bahkan mungkin bisa beberapa gigabyte.

Sejak Takeout diluncurkan pada Juni tahun ini, Google terus menambahkan dukungan untuk beberapa layanan mereka. Pada awalnya, layanan ini ditujukan untuk mem-backup postingan dari Buzz, kontak Gmail dan Google+, foto-foto di Picasa, dan profil Anda. Saat artikel ini ditulis, Google Takeout sudah mendukung +1, Buzz, Circles, Contacts, Drive, Picasa Web Albums, Profile, Stream, dan Youtube.

 

Referensi: techcrunch.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.