Eric Schmidt Diajari Gangnam Style Oleh Psy

Psy

Sensasi viral Gangnam Style masih terus berlanjut. Di Indonesia kita melihat beberapa kali ada yang menyelenggarakan flashmob Gangnam Style, baik di Bundaran HI maupun di sebuah mal. Bahkan di dunia Skyrim pun ada. Nah, kali ini Psy, rapper yang memiliki gaya Gangnam Style tersebut, mengajarkan gaya joget catchy-nya tersebut ke seorang petinggi Google, Eric Schmidt.

Eric Schmidt, yang kebetulan sedang berada di Korea Selatan untuk meluncurkan tablet Nexus 7 mereka, kedatangan Psy di kantor Google di Seoul, Korea Selatan. Setelah mengobrol selama beberapa saat, Eric Schmidt minta diajari joget Gangnam Style.

“PSY visited the Google office to chat with Google Executive Chairman Eric Schmidt. Eric asked to be taught the horse dance and presented PSY with a framed Google Doodle,” a Google representative told TheNextWeb.

“PSY mengunjungi kantor Google untuk mengobrol dengan Google Executive Chairman Eric Schmidt. Eric minta tolong diajari tarian kuda yang dimiliki PSY dan menghadiahi PSY sebuah Google Doodle di dalam pigura,” jelas juru bicara Google kepada TheNextWeb.

Berikut adalah pernyataan dari Eric Schmidt berdasarkan laporan dari Wall Street Journal:

“With K-pop, we had a whole industry of extraordinarily high quality music that was largely not available outside of Japan and Korea and a couple other countries. YouTube made it mainstream and global,” Mr. Schmidt said. “I think there will be many other such breakouts and such great talents. I think the story here is not really about YouTube or Google. It’s about the fact that there is a amazing talent all around the world that could not be discovered before and that now has a global audience, which the talent can benefit from financially, with recognition, lifestyle et cetera.”

 “Dengan K-pop, kita punya industri besar yang berisi musik-musik kualitas sangat tinggi yang dulunya tidak dapat diakses dari luar Jepang dan Korea dan beberapa negara lainnya. YouTube membantu membuatnya menjadi lebih global,” jelas Schmidt. “Saya kira akan ada lebih banyak gebrakan yang akan dibuat oleh talenta-talenta luar biasa lainnya. Saya kira ceritanya di sini bukanlah mengenai YouTube atau Google. Ini mengenai fakta bahwa ada banyak sekali talenta luar biasa yang ada di seluruh dunia yang belum nampak sebelumnya, yang sekarang punya penonton secara global, yang artinya talenta tersebut akan dapat diuntungkan secara finansial, dengan pengakuan, gaya hidup, dan lain-lain.”

Laporan dari para reporter mengatakan bahwa Schmidt berencana untuk bertemu dengan pembuat ponsel dari Korea Selatan, seperti Samsung, Lg dan Pantech. Mereka adalah beberapa merk yang merajai pasar smartphone Android. Samsung sampai saat ini masih merupakan yang terbesar, bahkan sampai beberapa kali dituntut oleh saingannya karena masalah paten dan lain-lain.

Pada kesempatan yang sama, Google juga meluncurkan Nexus 7 di Korea Selatan, yang akan mulai dijual di Korea Selatan minggu ini dengan harga 299.000 won, atau sekitar 2,56 juta rupiah.

Psy sendiri juga sempat menge-tweet mengenai pertemuannya dengan petinggi Google tersebut, dan dilihat dari tweet-nya, dia terlihat sangat senang.

Sebagai informasi tambahan, video viral Gangnam Style pada saat artikel ini ditulis telah mendapatkan 292 juta views, padahal baru di-upload pada tanggal 15 Juli yang lalu. Bisa dibilang video ini adalah video paling viral pada tahun 2012 ini.

 

Referensi: blog.wsj.com, huffingtonpost.com

Images via Google South Korea

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.