Permainan Yang Membantu Anak Belajar

games for edu

Jika anda tengok beberapa tahun silam, sebuah permainan atau game terutama permainan yang ada di komputer dan online game mendapat cap buruk dari para orang tua. Anak-anak pada saat ini sangat suka bermain game di gadget yang mereka miliki dan orang tua mereka miliki.

Namun apakah reputasi game akan terus di pandang buruk oleh para orang tua ?

Sebenarnya tidak juga, banyak studi kasus yang mempelajari bahwa anak-anak yang aktif dan gemar bermain game bisa memberi dampak positif dalam hidupnya, salah satunya mengenai pengambilan keputusan dengan cepat. Tetapi tentu masih banyak juga efek-efek negatifnya.

OnlineSchools.com baru-baru ini melakukan sebuah survei terhadap beberapa institusi yang berkaitan dengan pendidikan seperti Education Week, Ed.gov dan the NEA Foundation. Hasilnya perubahan terlihat semakin baik dari pemanfaatan game sebagai fasilitas pembelajaran di Amerika.

Untuk lebih jelasnya, simak infografis berikut ini.

Bagaimana dengan Indonesia ? Kita tentu tidak mau kalah juga. Cobalah mulai dengan membantu teman-teman atau keluarga kita yang masih duduk di bangku sekolah, khususnya yang masih kecil untuk belajar melalui permainan dari gadget yang dimiliki orang tuanya. Banyak aplikasi-aplikasi yang ditujukan khusus untuk pembelajaran / edukasi.

Jangan malah menjadi pecandu game online yang sampai harus merampok mini market yang baru-baru ini terjadi di daerah Tangerang.

Referensi: onlineschools.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.