Google Play Menembus 25 Milyar Download

Google Play

Google Play, toko konten digital milik Google yang berisi aplikasi Android, musik, buku, dan film, pada hari ini melayani pen-download-an aplikasi yang ke-25 Milyar. Berita gembira ini disampaikan langsung oleh Google melalui Official Android Blog milik mereka. Dan Google merayakannya dengan memberikan diskon dan penawaran khusus selama 5 hari ke depan.

Sungguh angka yang fantastis mengingat toko konten digital tersebut baru diluncurkan pada 23 Oktober 2008, atau kurang dari 4 tahun yang lalu.  Total aplikasi yang terdapat di Google Play sendiri telah mencapai 675ribu buah. Google sendiri melaporkan pada saat ini ada 1,5 milyar aplikasi yang ter-download setiap bulannya, 50% lebih banyak daripada bulan April yang lalu, saat Google Play ‘hanya’ melayani 1 milyar pen-download-an per bulan. Wow.

Pada waktu pertama kali diluncurkan, Android Market hanya berisikan aplikasi-aplikasi Android yang dapat di-download oleh para pengguna Android, tetapi beberapa waktu yang lalu Google mengubahnya menjadi Google Play, dan menambahkan beberapa konten lain seperti buku (e-book), majalah, musik, dan film. Sayangnya, tiga kategori konten terbaru tersebut belum dapat dinikmati oleh pengguna di Indonesia.

Twenty-five billion is more than twice the distance, in miles, that the Voyager 1 spacecraft has travelled since its launch 35 years ago. It’s the amount of time, in minutes, that have passed since some of our earliest ancestors began to set foot in Europe. And now, thanks to all of you, it’s a Google Play milestone. We look forward to the next 25 billion.

Dua puluh lima milyar adalah dua kali jarak, dalam mil, yang ditempuh oleh pesawat ruang angkasa Voyager 1 sejak diluncurkan 35 tahun yang lalu. Apabila dihitung sebagai waktu, dalam menit, itu artinya lebih lama dari nenek moyang terdahulu kita menapakkan kaki di benua Eropa. Dan sekarang, terima kasih kepada Anda semua, 25 milyar adalah batu loncatan baru dari Google Play. Kami berharap akan menyentuh 25 milyar selanjutnya.

Nah, untuk menyambut hal ini, Google akan melakukan promosi berupa potongan harga untuk aplikasi dan juga buku, musik, dan majalah. Aplikasi yang akan mengalami pemotongan harga adalah aplikasi dari beberapa pengembang terkemuka seperti Gameloft, Electronic Arts, Rovio, Runtastic, Full Fac, dan lain-lain. Semua aplikasinya akan didiskon hingga hanya menjadi 25 sen per aplikasi. Bagi Anda yang tertarik, silakan berkunjung ke Google Play 5 hari ke depan.

Sebagai informasi tambahan, beberapa hari yang lalu Andy Rubin, co-founder dari Android, sempat menge-tweet dan menyatakan bahwa Google telah melayani 500 juta pengaktifan Android, dan ada 1,3 juta perangkat Android baru diaktifkan setiap harinya. Melihat begitu populernya Android saat ini, bukan tidak mungkin Android akan menyentuh 30 atau bahkan 35 milyar download dalam beberapa bulan ke depan.

 

Referensi: officialandroid.blogspot.co.uk

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.