Google Maps Belum Akan Masuk iOS Dalam Waktu Dekat

Apabila Anda pengguna iOS 6 dan kurang suka dengan Apple Maps dan rindu dengan Google Maps, Anda nampaknya harus menunggu sedikit lebih lama. Laporan dari New York Times menyebutkan bahwa Google masih dalam proses pengembangan aplikasi pemetaan tersebut, dan baru akan selesai sekitar akhir tahun ini.

Berita ini keluar satu minggu setelah Apple meluncurkan iOS 6 yang salah satu fiturnya adalah peta baru buatan Apple sendiri, yang menggantikan Google Maps yang tadinya ada di iOS sejak iOS pertama kali diluncurkan. Peta keluaran Apple tersebut, sayangnya, mendapatkan kritikan kurang mengenakkan karena fiturnya yang jauh berbeda dengan Google Maps yang lama. Dan juga beberapa bangunan nampak aneh apabila dilihat dengan 3D views, termasuk di antaranya beberapa monumen nasional, seperti Menara Eiffel. Ada juga beberapa pencitraan jalan dan pencitraan satelit yang hanya menampilkan awan saja.

Salah satu alasan mengapa Google tidak dapat segera merilis aplikasi Google Maps untuk iOS adalah karena mereka tidak menyangka bahwa Google Maps akan secepat itu dicabut dari perangkat iOS, dan terkejut saat Apple tiba-tiba mengeluarkan peta buatan mereka sendiri. Padahal kabarnya kontrak Google Maps di perangkat iOS masih berjalan, tetapi tiba-tiba saja Apple memberitahu pada bulan Juni kemarin bahwa mereka sudah membuat aplikasi peta mereka sendiri untuk menggantikan Google Maps.

Selain masalah tersebut, faktor lain yang menghambat proses pengembangan Google Maps untuk iOS adalah karena Google menginginkan untuk mengimplementasi 3D views seperti yang ada di Apple Maps, tapi 3D views yang mereka miliki berada di aplikasi Google Earth, bukan Google Maps. Sehingga mereka perlu waktu untuk menggabungkan kedua kode aplikasi tersebut.

 

Referensi: bits.blogs.nytimes.com, mashable.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.