Sony Berencana Mendukung PlayStation 3 Sampai Minimal 3 Tahun Lagi

Konsol game andalan Sony, PlayStation 3, diluncurkan pada tahun 2006. Pada saat itu, Sony sempat menyinggung akan mendukung konsol tersebut sampai sepuluh tahun setelah diluncurkan. Sekarang, setelah enam tahun peluncurannya, PlayStation 3 sudah mulai tampak ketinggalan zaman apabila dilihat dari sisi spesifikasi, sama halnya dengan konsol besutan Microsoft, Xbox 360, yang diluncurkan pada tahun 2005. Gamer dan Game Developer tentunya menginginkan sesuatu yang baru untuk dimainkan dan dikembangkan.

Beberapa waktu yang lalu GameSpot sempat mewawancarai John Koller, wakil presiden pemasaran hardware Sony, yang kurang lebih berisi bahwa walaupun PlayStation 4 (yang ber-code-name “Orbis”) diluncurkan, Sony tetap akan mendukung PS3 sampai minimal 3 tahun lagi. Berikut adalah pernyataan dari John Koller:

“We’re going to continue supporting the PS3 for the next few years. Absolutely. And we’re going to continue supporting it not only that long, but as long as there is a development spigot that’s running hot. And I can tell you right now, the development spigot for PS3 is very hot. A lot of great games coming. Same thing with PS2…it’s kind of stuck around as that old warrior, many years after its launch. But there’s still games launching for it,”

“Maki akan terus mendukung PS3 sampai beberapa tahun ke depan. Pasti. Dan kami akan terus mendukungnya tidak sampai di situ saja, tetapi sampai minat para pengembang masih panas. Dan saya dapat memberitahukan kepada Anda bahwa minat para pengembang untuk PS3 sangat panas. Banyak sekali game-game bagus bermunculan. Sama seperti PS2, yang masih terlihat bahkan jauh setelah penerusnya, PS3,  sudah keluar. Tapi faktanya masih banyak game bagus yang diluncurkan untuk PS2,”

Sementara itu, beberapa rumor mengenai PlayStation 4 mulai beredar. Disebutkan di sana bahwa konsol game besutan Sony selanjutnya akan berisi optical discs, dapat menghasilkan output 1080p Full HD 3D video, dan diperkuat oleh CPU x64 keluaran AMD, dan GPU Southern Islands keluaran AMD.

Sementara itu, PlayStation 3 model baru yang lebih tipis 20% dan lebih ringan 25% akan mulai dipasarkan oleh Sony akhir bulan ini.

 

Referensi: bgr.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.