Keributan di Foxconn Lebih Mengerikan Dari Yang Kita Kira

Foxconn riot 1

Kemarin, kami membuat artikel mengenai keributan besar di Foxconn yang melibatkan 2.000 karyawan Foxcon, dan di artikel kemarin kami sempat menyinggung bahwa ada 40 orang yang dilarikan ke rumah sakit. Ternyata, kejadiannya lebih parah dari itu. Ada laporan mengatakan bahwa keributan yang sampai membuat 5.000 personil polisi diturunkan tersebut juga telah menimbulkan korban.

Menurut CPCW, kejadian tersebut telah mengakibatkan kematian sepuluh orang, dan pabrik tersebut akan ditutup selama 3 hari untuk kepentingan investigasi. Namun, pihak Foxconn membantah hal tersebut.

“We can confirm that there have been no employee deaths related to the incident which took place at an employee dormitory in Taiyuan last night. Reports to the contrary are inaccurate,” the company said in a statement.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa tidak ada karyawan yang meninggal di dalam insiden yang terjadi di dormitory karyawan di Taiyuan malam kemarin. Laporan-laporan yang mengatakan kebalikannya adalah laporan yang tidak akurat,” kata perusahaan tersebut.

Pabrik tempat terjadinya keributan tersebut mempekerjakan lebih dari 79.000 orang, yang isinya adalah pabrik pembuatan komponen. Pada saat kejadian tersebut terjadi, pabrik tersebut sedang dalam proses memproduksi panel belakang dari smatphone terbaru besutan Apple, iPhone 5. Dan akibat keributan tersebut, setidaknya satu lini produksi rusak.

Selain itu, untuk mengendalikan massa, telepon genggam milik karyawan disita, dan 100 orang ditahan. Apple sendiri memiliki empat karyawan yang bekerja di pabrik tersebut. Mereka bekerja untuk mengatur efisiensi dan kontrol mutu. Belum diketahui di mana lokasi mereka pada saat keributan ini terjadi.

Dikarenakan pabrik tersebut akan ditutup selama tiga hari, dan satu lini produksi rusak, kemungkinan besar proses produksi iPhone 5 akan terhambat, yang akan mengakibatkan pengiriman iPhone 5 menjadi terlambat.

 

Referensi: cultofmac.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.