Jangan Beli iPhone 3GS

iphone 3gs

Mungkin anda bukanlah penikmat gadget, mungkin anda membutuhkan gadget hanya sebagai gengsi saja. Atau mungkin anda sangat ingin memiliki iPhone tetapi uang anda terbatas. Saran saya, jangan beli iPhone 3GS !

Saya melihat, banyak toko-toko penjual handphone di Indonesia yang cukup ‘pintar’ menawarkan iPhone 3GS kembali dengan harga sekitar 2,5 – 3 juta rupiah.

Mungkin anda bertanya kepada saya, “Mengapa ? Itu kan iPhone ?”

Ya itu memang iPhone, tapi iPhone itu sudah 3 generasi lebih lama dari yang sekarang. Saya beri tahu alasan-alasannya.

Tertinggal 3 generasi

Setelah iPhone 3GS, masih ada 3 seri iPhone terbaru: iPhone 4, iPhone 4S, dan iPhone 5. Ini menjelaskan bahwa iPhone 3GS adalah produk lama, bahkan Apple pun sudah tidak menjualnya lagi. Yang menjual hanyalah para authorized reseller.

iphone prices

Salah satu potongan presentasi Apple pada peluncuran iPhone 5 lalu.

Jangka waktu hidup

Sebuah gadget pada umumnya memiliki jangka waktu hidup, khususnya gadget elektronik seperti smartphone. Jangka waktu hidup pada umumnya adalah 3-5 tahun, setiap 3-5 tahun sekali umumnya orang pasti akan mengganti handphone-nya. Alasan menggantinya pun bermacam-macam,mulai dari ketinggalan jaman, spesifikasi sudah sangat terbatas, handphone rusak, dan lain sebagainya.

Bisa anda bayangkan jika anda saat ini membeli smartphone yang tertinggal 3 tahun di belakang. Berapa tahun lagi anda akan menggantinya ? Saya yakin alasan handphone rusak tidak akan muncul dalam 3 tahun ke depan, tetapi yang lain-lainnya pasti muncul.

Kualitas kamera

Kualitas kamera iPhone 3GS sangat tertinggal dibandingkan dengan iPhone-iPhone yang lebih baru. Memang kamera iPhone 3GS 3 megapixel, tetapi kualitasnya juga tidak begitu bagus. Video berikut mungkin bisa menjelaskannya.

Tidak ada kamera depan

Tanpa kamera depan anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk narsis, tetapi bukan hanya itu, ini berarti tidak memungkinkan anda untuk melakukan FaceTime dan video call lainnya.

Kecepatan terbatas

Tentu saja jika anda bandingkan dengan iPhone yang lebih baru kecepatan iPhone 3GS akan berada dibawah, ditambah biasanya kecepatan sebuah smartpone akan berkurang dari hari ke hari pemakaian anda. Jadi bisa anda bayangkan dengan kecapatan yang terbatas anda akan semakin melambat.

Kompatibilitas Aplikasi

iPhone terkenal karena aplikasi-aplikasi pendukungnya bagus dan berguna untuk digunakan. Tetapi dengan semakin berkembangnya iPhone, semakin berkembang pula aplikasi tersebut. Tidak sedikit aplikasi yang membutuhkan spesifikasi tinggi untuk dijalankan, terutama aplikasi-aplikasi baru. Jadi ketika ada sebuah aplikasi atau game baru, anda sebaiknya tidak usah terlalu banyak berharap untuk bisa memainkannya di iPhone 3GS.

Tidak ada Retina Display

Mungkin bagi anda Retina Display tidak terlalu bermanfaat atau tidak ada perbedaannya. Video berikut mungkin bisa menjelaskannya.

Kapasitas

Kapasitas iPhone 3GS hanya sebesar 8GB. 8GB jika anda berencana untuk menggunakan aplikasi dan game yang baik maka anda tidak akan bisa memiliki lebih dari 8 game. Seperti yang kita ketahui saat ini ukuran 1 buah game yang baik dari segi permainan dan grafis bisa mendekati 1GB.

Nilai jual rendah

Jika anda bukan tipe orang yang suka menyimpan handphone atau smartphone yang sudah tidak anda gunakan atau anda berencana untuk menjual semua handphone dan smartphone yang sudah tidak anda gunakan lagi berapakah harga smartphone yang sudah tertinggal lebih dari 3 generasi ini ?

Aksesoris terbatas

Mungkin untuk saat ini di Indonesia anda masih bisa mendapati toko-toko yang menjual aksesoris iPhone 3GS, hal itu juga disebabkan karena mereka memang masih menjual iPhone 3GS tersebut. Tetapi nantinya anda akan semakin mendapati kesulitan mencari pilihan aksesoris yang sesuai dengan keinginann anda.

Update iOS

Beruntung saat ini Apple masih mendukung iOS 6 untuk iPhone 3GS, tetapi bagaimana dengan kelanjutan ke depannya ? Saat ini iPad generasi pertama saja sudah tidak mendapatkan dukungan iOS 6.

Apple juga mengeluarkan pernyataan pada 12 September 2012, bahwa Apple tidak akan menjual iPhone 3GS dan tidak mendukung aksesoris dan update iOS pada iPhone 3GS lagi. Artinya iOS 6 merupakan yang terakhir.

Saran saya:

Jika anda benar-benar menginginkan iPhone, kumpulkanlah uang untuk membeli iPhone 5 atau paling tidak belilah iPhone 4S (saya tidak menyarankan anda membeli barang bekas / second). Jangan beli iPhone 3GS, saya rasa alasan-alasan diatas sudah cukup jelas menggambarkan.

Tetapi jika anda masih terbuka untuk membeli gadget selain iPhone namun dengan uang terbatas, masih banyak smartphone lain dengan harga yang sama namun lebih baik daripada iPhone 3GS.

Jika anda kebingungan, jangan ragu untuk bertanya kepada kami melalui kotak komentar dibawah. Kami akan dengan senang hati menjawabnya.

Referensi: gottabemobile.com, youtube.com/xxtechnewbiexx, youtube.com/detroitborg.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.
  • test

    hp saya sony xperia u. ada teman saya menawarkan iphone 3gs-nya ditukar dengan hp saya. bagaimana menurut anda? kondisi sama-sama masih bagus

  • Onkky oktavian

    Saran sih beli tempat yg terpercaya jangan yg kurang terkenal agak meragukan juga kalau beli di tenpat yang terpercaya aku rasa tidak sampek segitunya juga deh

  • andi aco

    Iphone 3gs atau samsung galaxy tab 27.0 yg kualitasnnya bagus ?

    soalnyx mau beli hp 🙁
    takut salah..
    soalnyx aku bingung untk beli yg mana .
    tolong balas yah 🙂

    iphone 3gs atw samsung galaxy tab yg kualitasnnya bagus ?

  • salma

    iphone 3gs ada kamera dpnnya gk ?

  • Ofi

    Saya pengguna iphone 3gs. Dan selama saya pakai gadget ini, sepertinya tidak seburuk itu. Bukankah setiap gadget yang keluaran baru memang lebih bagus dari yg sebelumnya? Kapasitas memory gak selalu 8gb kok, punya saya 16gb.
    Dan menurut saya, sebagus apapun sebuah gadget, tetap tergantung pemakaian dari si user 🙂

    • memet

      ia bener ofi, gak seburuk seperti yang disampaikan kok

      • Ofi

        Iya. Seharusnya kalau mau membandingkan jangan dengan merk yg sama dan dengan yg telah diregenerasi, karena pasti lebih unggul gadget yg telah regenerasi.

  • Iphoners

    saya pemakai iphone 3gs
    tp gak sebusuk itu reviewnya

    seakan2 kya produck gagal
    find2 aja sy pkek 3gs-32g
    download game sak bledake hpne mas

    banyak suportnya dari pada tidaknya untuk gamenya
    aplikasinya semua suport.

    ini bener2 meneliti sendiri atw nyontek atw prnah beli 3gs trus di tipu akirnya bilang kya gini…??????

  • Bocal

    Saya mungkin baru pertama kali pake Iphone 3GS tapi buktinya ga seburuk apa yg direview itu klo mau bandingin jangan yang satu pabrik dan generasi beda, mau bandingin itu sama samsung atau smartphone yang lainnya baru bikin review mana yg lebih baik atau buruk, jangan so tau mas!

  • lala

    saya berniat beli iPhone 3GS tapi jadi ragu setelah baca reviewnya ini hiks 🙁 apakah memang seburuk itu? Lalu apa memang sudah tidak ada yg menjual iPhone 3gs dengan garansi resmi? mohon pencerahannya 🙂

  • imam pamunngkas walton

    bro, mending lenvono P770 atau Iphone 3GS,,,?? Bingung nih,,,

  • tna

    kekurangan dan kelebihan iphone 4 itu apa aja sih?

  • iPhone 3GS User

    kok kesannya jelek amat ya, perasaan iPhone 3GS sangat bagus menurut saya. walaupun iPhone 3GS generasi lama, menurut saya iPhone 3GS sangat bagus bagi saya.

  • Ronny

    IPHONE 3GS Ada amera depan apa gak sih ??

  • iphoners user

    Benar sekali apa yang di posting agan ricky Haryadi. sama halnya agan2/ aganwati jangan pernah beli nokia 8810 karna gak ada kameranya dibandingkan dengan nokia lumia yang kameranya ada didepan dan belakang. apalagi spek2 yang lainnya , nokia 8810 jauh tertinggal di banding nokia lumia.

  • jul

    menurut saya sesuaikan sama daya beli dan sesuaikan dengan kebutuhan aja sebagus apapun gadget yang anda miliki saat ini pasti suatu saat ketinggalan jaman juga ko.

  • wiwit

    Saya Pakek Iphone 3gs 16Gb bagus kok n g da masalah. lagian membandingkan kok satu merek saya sependpat sama bos ofi.. iphone 3 dibandingkan sama 4 & 5 ya jelas lah 4&5 lebih bagus harganya aja da beda, sama aja bandingkan cc speda motor 110cc n 250cc ya jelas beda lah orang kok aneh.. skalian aja jgn beli iphone nunggu iphone 1000 ja pasti tu lebih canggih..

  • salsabila

    emang ngapa kalo gk ada kamera depannya masalah? bukannya sama sama iphone juga kan

  • arix

    lo buat keproyektor bisa gak ya… coz buat ngajar lebih simpel

  • adly

    gua pemakai iphone 3gs, udah lama pake hp ini tapi gak kaya yang disini dijelasin, yang anda jelaskan mungkin iphone 3gs yang KW atau emang udah jelek .. gua punya banyak game lebih dari 10 malah tapi biasa aja, kamera bagus, kalo ngebandingin tu sama merek lain, jangan sama merek nya tapi beda generasi..