Google Nexus

Nexus

Google Nexus adalah smartphone, tablet, dan entertainment device yang berbasiskan Android dan secara resmi dari Google. Jika anda membeli Google Nexus, satu jaminan kepastiannya adalah sistem operasi anda akan didukung penuh oleh Google, dan semua aplikasi Google akan berjalan secara maksimal disana.

Seperti yang kita ketahui Android adalah sistem operasi yang open source, sehingga para vendor seperti Samsung, Sony Mobile, HTC, Asus, dan lain-lainnya bisa menambahkan dan melakukan customization pada smartphone dan tablet Android keluarannya, seperti Samsung yang mengeluarkan S Voice pada Samsung Galaxy SIII.

Di Indonesia sendiri, Google Nexus bisa dibilang kurang laku terjual. Bisa anda buktikan dengan anda mencari aksesori Samsung Galaxy Nexus di toko-toko penjual aksesori, jarang sekali toko aksesori yang menyediakannya. Kecuali belakangan ini ketika Google Nexus dipotong harganya dari 6 jutaan menjadi 4 juta rupiah.

Siapakah target pembeli Google Nexus ? Yang jelas para developer aplikasi, para pengamat teknologi, dan orang-orang yang gadget freak atau yang ingin terus mendapatkan kepastian perkembangan sistem operasi dari smartphone yang mereka miliki.

Google sedikit meniru Apple dalam peluncuran Google Nexus, yaitu kira-kira dalam jangka waktu 1 tahun sekali. Namun perbedaannya adalah Google menunjuk vendor tertentu yang sudah menggunakan Android untuk memproduksi hardware dari Google Nexus.

Google Nexus Smartphone

Galaxy Nexus versi terakhir dari Google Nexus Smartphone saat ini, diproduksi oleh Samsung.

Google Nexus Tablet

tablet-n7-features-ushome-family

Nexus 7, tablet PC yang merupakan bagian dari keluarga Google Nexus, diproduksi oleh Asus.

Google Nexus Player

device-qNexus Q, media-streaming entertainment device

Nexus 7 dan Nexus Q baru saja diluncurkan bulan Juni tahun ini secara bersamaan dalam Google I/O. Pada acara itu Google juga memperkenalkan Google Glasses atau yang lebih dikenal dengan Project Glass.

Namun, saat ini yang paling ditunggu-tunggu adalah generasi penerus dari smartphone Google Nexus. Nexus smartphone sudah memiliki 3 generasi sampai saat ini, antara lain:

Nexus One

  • Vendor: HTC
  • Rilis: Januari 2010
  • Sistem operasi: Android 2.2 Froyo
    sampai saat ini bisa di-upgrade sampai Android 4.0 Ice Cream Sandwich (namun spesifikasi hardware yang terbatas membuatnya kurang maksimal di Android 4)

Nexus S

  • Vendor: Samsung
  • Rilis: Desember 2010
  • Sistem operasi: Android 2.3 Gingerbread
    sampai saat ini bisa di-upgrade sampai Android 4.1 Jelly Bean

Galaxy Nexus

  • Vendor: Samsung
  • Rilis: November 2011
  • Sistem operasi: Android 4.0 Ice Cream Sandwich
    sampai saat ini bisa di-upgrade sampai Android 4.1 Jelly Bean

Sudah hampir 1 tahun Galaxy Nexus, dan rasanya bukan tidak mungkin dalam waktu dekat Google akan mengeluarkan penerus dari keluarga Google Nexus ini. Seperti apa bentuk smartphone penerus Nexus ini ? Dan siapa vendor beruntung yang membuatnya ?

Google masih belum memberikan petunjuk lebih lanjut. Bisa saja kita akan dikejutkan seperti yang terjadi pada peluncuran Nexus 7 dan Nexus Q. Yang jelas Google akan menunjuk vendor-vendor besar yang kualitasnya sudah teruji dan terpercaya, dan yang sudah menggunakan sistem operasi Android untuk produk-produknya.

Menarik kita tunggu dan simak kelanjutannya.

Referensi: google.com/nexus.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.