Apa Kabar BlackBerry 10 ?

bb 10 featured

BlackBerry pada saat ini bisa dibilang sedang berada di masa yang cukup sulit, penjualan di berbagai negara turun drastis, kecuali di Indonesia. Hal ini membuat RIM (Research in Motion), perusahaan pembuat BlackBerry, sampai harus mem-PHK ribuan karyawannya.

Belum lama ini RIM menjanjikan perubahan drastis pada BlackBerry 10, lalu mereka juga mengadakan BlackBerry Dev Alpha, dan membagikan BlackBerry 10 kepada para developers aplikasi. Nampaknya RIM banyak belajar dari para pesaingnya seperti iOS, Android, dan Windows Phone.

Perubahan tambahan dilakukan oleh RIM baru-baru ini, antara lain:

Tampilan Home screen telah di update, membuat kita bisa men-swipe dengan mudah untuk membuka kunci layar atau nantinya akan lebih dikenal dengan BlackBerry Flow.

bb10-1

 

Anda bisa dengan mudah mengganti layar dengan cara menggeser ke kanan dan ke kiri, mirip seperti yang kita temui di Android dan iOS pada umumnya.

bb10-2

 

Active Frames adalah salah satu fitur baru di BlackBerry 10 yang fungsinya mirip dengan Live Tiles di Windows Phone, dimana frame tersebut akan aktif meng-update informasi yang ada didalamnya tanpa kita harus membuka aplikasi tersebut. Cukup berguna untuk aplikasi cuaca, berita, dan lain-lain.

bb10-3

 

BlackBerry Hub adalah nama baru dari inbox yang memungkinkan anda tidak hanya sekedar bisa melihat email saja seperti pada BlackBerry yang sekarang sudah banyak digunakan, tetapi anda juga bisa pesan dari BlackBerry Messenger, SMS, dan update dari berbagai jejaring sosial.

bb10-4

 

BlackBerry Messenger juga mendapatkan update kali ini, dimana ada tambahan emoticons dan tampilan yang lebih berfokus pada pembicaraan atau conversation.

Tampilan BlackBerry 10 juga terdapat Groups, dimana didalamnya terdapat Active Frames, nantinya anda bisa meng-customize tampilan sesuai dengan keinginan anda.

bb10-5

 

Perubahan juga ada pada fitur Camera, sekarang anda bisa mengakses foto yang baru saja anda ambil dengan kamera secara langsung. Dan seperti yang kita ketahui fitur kamera pada BlackBerry 10 cukup mencuri perhatian ketika di presentasikan pada sekitar bulan Mei kemarin.

BlackBerry 10 dijadwalkan akan dirilis pada awal tahun 2013 oleh RIM, setelah sebelumnya sempat diundur. Bagaimana kelanjutannya nasib BlackBerry nantinya ? Menarik kita simak.

Referensi: developer.blackberry.com, youtube.com/blackberry, mashable.com.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.