Uji Fisik iPhone 5 VS Samsung Galaxy S3

iphone5_vs_galaxy_s3

Sebagai pengguna smartphone atau handphone, anda pasti pernah mengalami kejadian-kejadian yang cukup menakutkan bagi gadget anda seperti tidak sengaja jatuh dari tangan anda, jatuh dari saku anda, tercelup ke dalam cairan, dan berbagai hal lainnya.

Beruntung saat ini anda tidak perlu mengalami hal tersebut terlebih dahulu untuk mengetahui dampaknya, banyak orang-orang yang sudah menguji coba hal tersebut terlebih dahulu sehingga anda bisa mengetahui seberapa kuat gadget anda secara fisik, dan membuat anda lebih waspada.

Persaingan iPhone 5 dan Samsung Galaxy SIII terus berlanjut, setelah Samsung mengeluarkan beberapa iklan yang menyerang iPhone, mulai dari perbandingan spesifikasi dan sebuah video yang secara terang-terangan menyindir para customer calon pembeli iPhone 5.

Squaretrade, sebuah perusahaan penyedia jasa untuk memperpanjang garansi untuk peralatan elektronik, melakukan uji coba terhadap ketahanan fisik iPhone 5 dan Samsung Galaxy SIII.

Uji coba dilakukan berdasarkan fakta-fakta yang telah mereka kumpulkan sebelumnya, antara lain:

  1. 54% kecelakaan smartphone terjadi disekitar rumah.
    iPhone 5 dan Samsung Galaxy SIII dijatuhkan dari ketinggian kira-kira setinggi tangan manusia ke daratan dalam keadaan kedua smartphone menyala. Bagaimana hasilnya ?
    iphone5 vs SGS3 - 1Samsung Galaxy SIII layarnya mengalami keretakan yang cukup parah, bagian belakang tidak bisa tertutup rapat dan mati. Sedangkan iPhone 5 hanya terdapat bekas jatuh (baret) yang cukup dalam dan sedikit lecet-lecet, tetapi semuanya masih dalam keadaan baik dan menyala dan berjalan sempurna.
  2. 28% kecelakaan smartphone berhubungan dengan cairan.
    Kemudian iPhone 5 dan Samsung Galaxy SIII dijatuhkan ke dalam air (kolam renang) dalam keadaan memutar video lagu dan bersuara.
    iphone5 vs SGS3 - 2Hal cukup mengejutkan ketika keduanya ditarik keluar dari keluar kolam, iPhone 5 masih bersuara dan video berjalan lancar namun touch screen tidak berjalan. Samsung Galaxy SIII ? Lagi-lagi dalam keadaan mati dan tidak bisa dihidupkan.

Percobaan terakhir menggunakan barang-barang rumah tangga, seperti remote tv, kaleng sarden, kaleng saus tomat, lampu senter, sampai dengan botol bir. Hasilnya ?

iphone5 vs SGS3 - 3

Dan ……. lagi-lagi iPhone 5 masih berjalan sempurna ketika benda-benda ini sudah dijatuhkan. Berbeda dengan Samsung Galaxy SIII yang (lagi-lagi) mati total.

Kesimpulannya iPhone 5 jauh lebih unggul secara ketahanan fisik dibanding Samsung Galaxy SIII. Bagaimana menurut anda ?

Simak video lengkapnya berikut ini.

Referensi: youtube.com/electronicsbreak.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.