Tips Melakukan Pencarian di Twitter

Ketika Anda menemukan suatu berita terbaru, terkadang Anda tidak bisa menemukannya di Google. Twitter-lah solusinya!

Misalnya apabila terjadi kebakaran di suatu tempat sebut saja namanya ‘X’, apabila Anda mendengar kabar tersebut dari seorang teman di Facebook/Twitter atau jejaring sosial lainnya, biasanya kita akan berinisiatif mencari berita di Google. Tetapi permasalahan muncul ketika belum ada situs berita yang melaporkan tentang bencana tersebut. Apa yang bisa Anda lakukan untuk mencari tahu kebenarannya?

Carilah di Twitter!

Sebagaimana kita ketahui saat ini orang-orang di dunia saat ini cenderung nge-tweet terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan, seperti ketika anda mau makan (tweet atau post di Instagram), ketika Anda sampai di suatu tempat (Anda check-in Foursquare). Kehidupan sosial telah bergeser ke dunia internet. Namun dengan adanya lebih dari 2000 tweet per detik, bagaimana Anda bisa mencari secara akurat di Twitter?

Berikut langkah-langkahnya:

1. Pahamilah hasil pencarian Twitter

twitter search #1

Hasil pencarian di Twitter dibagi menjadi beberapa bagian, pada bagian kiri Anda bisa melihat pembagian hasil pencarian berdasarkan “Tweets”, “People”, “Top videos, dan “Top images“.

Sedangkan pada bagian kanan, awalnya ditampilkan hasil “Tweets”, dan dimulai dari “Top news” atau berita paling populer, kemudian “Top tweets” atau tweet yang paling banyak mendapat retweet.

Jika Anda ingin mencari keseluruhannya, Anda bisa memilih “All” atau jika Anda ingin mencari di tweet dari orang yang Anda follow, pilih “People you follow“.

2. Hilangkan Retweet dari hasil pencarian

twitter search #2

Cara menghilangkan retweet, Anda cukup menambahkan -RT di kolom pencariannya seperti yang saya lakukan. Dengan menghilangkan retweet, Anda meminimalisir redundansi tweet yang ada.

3. Mencari berdasarkan lokasi

twitter search #3

Anda bisa mencari berdasarkan lokasi, hal ini memudahkan untuk mengetahui hal-hal yang terjadi di lokasi tersebut. Format pencariannya adalah: *kata kunci* near: *nama lokasi* within:*jarak tempat*. Contohnya “smtown near: jakarta within: 10mi”.

4. Mencari tweet yang mencantumkan link

twitter search #4

Format pencariannya adalah: *kata kunci* filter=links. Contohnya “smtown filter:links”.

5. Mencari tweet dari user tertentu

Format pencariannya adalah: *@namauser **kata kunci*. Contohnya “@techrity twitter”.

6. Pernyataan positif, negatif, dan pertanyaan

twitter search #6

Anda bisa mencari pernyataan positif, negatif, atau pertanyaan dengan cepat dengan cara menambahkan tanda ‘:)’ atau ‘:(‘ atau ‘?’ pada pencarian anda. Format pencariannya adalah: *kata kunci* *tanda*. Contohnya: “smtown ?”.

7. Mencari berdasarkan tanggal

twitter search #7

Anda bisa mencari tweet berdasarkan tanggal sejak (since: *tanggal*) atau sampai (until: *tanggal*) dengan. Format pencariannya adalah: *kata kunci* *sejak/sampai*. Contohnya: “smtown since: 2012-09-22”.

8. Mencari tweet melalui aplikasi yang digunakan

twitter search #8

Jika Anda ingin melihat tweet yang dikirim melalui aplikasi tertentu, misalnya sms, UberSocial, Twitter for iPhone, TweetDeck, dan sebagainya, Anda cukup menambahkan ‘source:*nama aplikasi*. Contohnya: “smtown source:txt”.

9. Menyimpan hasil pencarian Anda

twitter search #9

Anda bisa menyimpan hasil pencarian Anda dengan mengeklik pada icon di kanan atas hasil pencarian, lalu pilih ‘Save search‘. Dengan menyimpan hasil pencarian Anda, Anda bisa dengan mudah mengaksesnya kembali dengan cara masuk ke bagian search di menu atas Twitter, lalu drop down menu akan muncul.

10. Pencarian advanced 

twitter search #10

Untuk melakukan pencarian advanced atau Advanced Search, Anda bisa mengeklik icon yang sama saat Anda akan menyimpan hasil pencarian Anda, lalu pilih Advanced Search, lalu Anda akan dibawa kepada halaman seperti gambar di atas. Untuk lebih detail mengenai advanced search, Anda bisa melihatnya di sini.

Referensi: twitter.com, support.twitter.com, mashable.com.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.