Supplier Apple, Foxconn, Menghentikan Produksi di Cina Akibat Keributan Antar Karyawan

Foxconn

Perusahaan yang membuat smartphone iPhone besutan Apple, Foxconn, menghentikan proses produksi mereka pada hari Senin ini, dikarenakan terjadi keributan yang terjadi di antara 2.000 karyawan mereka. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu malam di sebuah dormitory di dekat pabrik Foxconn Technology Group di bagian utara kota Taiyuan, menurut kabar dari Foxconn dan polisi. Penyebabnya sendiri masih belum diketahui, dan polisi masih mendalami kasus ini.

Akibat kejadian itu, 5.000 anggota polisi diterjunkan untuk mengamankan area sekitar keributan. Dilaporkan keributan baru bisa diatasi setelah 4 jam, dan mengakibatkan 40 orang dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis. Disebutkan juga bahwa beberapa orang ditahan oleh polisi untuk dimintai keterangan.

Menurut Foxconn dan polisi, kejadian ini tidak berhubungan dengan masalah pekerjaan. Sebuah kabar dari forum internet sempat menerka bahwa kejadian tersebut dipancing oleh seorang petugas keamanan yang memukul seorang pekerja, tetapi kabar ini belum dapat dikonfirmasi. Orang-orang yang bekerja di restoran dan beberapa bisnis di sekitar area juga tidak mengetahui apa penyebab keributan tersebut.

Foxconn merupakan salah satu perusahaan dengan jumlah pekerja paling banyak di Cina. Kurang lebih 1,2 juta pekerja bekerja di pabrik-pabrik Foxconn yang tersebar di penjuru negeri. Perusahaan ini juga beberapa kali menghadapi komplain mengenai upah dan jam kerja. Mereka sempat meningkatkan upah minimum dan juga berjanji akan mengurangi jam kerja pada bulan Maret kemarin, setelah auditor dari Apple menemukan bahwa pekerja di Foxconn diharuskan untuk bekerja lebih dari 60 jam seminggu.

Foxconn membuat iPhone dan iPad untuk apple, dan juga merakit beberapa produk untuk Microsoft, dan Hewlett-Packard. Selain di Taiyuan, Foxconn juga memiliki beberapa pabrik di bagian selatan kota Shenzhen, di barat di Chengdu, dan di pusat Cina di Zhengzhou.

 

Referensi: nydailynews.com, cultofmac.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.