Pengaruh iPhone 5 Terhadap Pasar Smartphone

Dengan diluncurkannya iPhone 5 beberapa hari yang lalu, dan berbagai macam smartphone lainnya yang membanjiri pasar, aytm.com dan mashable.com bekerja sama melakukan riset untuk mengetahui perilaku pasar smartphone, khususnya di Amerika Serikat. Jumlah responden yang mereka survey adalah 600 orang yang tinggal di Amerika, dan hasil riset mereka ditampilkan dalam bentuk infografik di bawah ini.

Dari infografik yang ada, nampak bahwa antusiasme pasar terhadap iPhone 5 sangatlah tinggi. Mereka yang berencana membeli iPhone 5 dua kali “lebih tidak sabar” ketimbang mereka yang ingin membeli ponsel Android.

Beberapa poin menarik dari hasil penelitian ini:

  • 27% pengguna non-smartphone mempertimbangkan smartphone untuk ponsel mereka yang selanjutnya,
  • Keynote (event peluncuran produk baru) dari Apple ditonton lebih banyak oleh pria, dengan perbandingan 2:1 (68,6%:31,4%),
  • 87% pengguna iPhone menyatakan tetap akan setia dengan produk Apple tersebut,
  • Persentase pengguna iPhone 4 dari 2011 ke 2012 malah meningkat walaupun sudah ada iPhone 4s, karena pengguna iPhone 4s kebanyakan berpindah dari iPhone 3GS dan iPhone 3G

Infografik selengkapnya, hasil penelitian dari aytm.com:

 

Referensi: aytm.com, mashable.com

Sumber Infografik: http://aytm.com/blog/research-junction/smartphone-market-2012-2013-infographic/

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.