Apple ‘Hanya’ Menjual 5 Juta iPhone 5 di Minggu Pertama, dan iOS 6 Menembus 100 Juta Download

iPhone 5

Apple dikabarkan telah menjual 5 juta unit iPhone 5 dalam tiga hari. Penjualan tersebut melampaui penjualan smartphone terdahulu mereka yang diluncurkan tahun lalu, iPhone 4s, yang terjual 4 juta dalam kurun waktu yang sama. Namun masih berada di bawah prediksi analis Gene Munster, yang meramalkan Apple akan dapat menjual 6 sampai 10 juta iPhone 5 dalam 3 hari pertama penjualannya.

“Demand for iPhone 5 has been incredible and we are working hard to get an iPhone 5 into the hands of every customer who wants one as quickly as possible,” said Tim Cook, Apple’s CEO.

“Permintaan terhadap iPhone 5 sangat luar biasa dan kami berusaha keras untuk memberikan iPhone 5 kepada setiap konsumen yang menginginkannya secepat mungkin,” ujar Tim Cook, CEO dari Apple.

“While we have sold out of our initial supply, stores continue to receive iPhone 5 shipments regularly and customers can continue to order online and receive an estimated delivery date. We appreciate everyone’s patience and are working hard to build enough iPhone 5s for everyone,” he continued.

“Walaupun kami telah menjual habis seluruh stok kami, toko-toko terus menerus akan mendapatkan iPhone 5 untuk dikirim secara terus menerus, dan pelanggan dapat terus memesan online dan mendapatkan kepastian jadwal kedatangan pesanan mereka. Kami sangat menghargai kesabaran Anda semua, dan kami juga berusaha untuk membuat iPhone 5 yang cukup untuk semuanya,” lanjutnya.

Namun di balik itu semua, penjualan iPhone 5 masih berada di bawah perkiraan Wall Street. Analis Apple, Gene Munster dari Piper Jaffray sempat memprediksi Apple akan dapat menjual 6 sampai 10 juta iPhone 5 di minggu pertamanya. Dia juga menambahkan bahwa kemungkinan terburuknya adalah 6 juta unit.

Pada saat tulisan ini dibuat, saham Apple juga sedang turun menjadi $685,82.

Sebagai catatan, penjualan iPhone 5 memecahkan rekor penjualan hari pertama, yaitu sebanyak 2 juta unit dalam 24 jam sejak smartphone tersebut tersedia untuk di-pre order pada 14 September yang lalu. Sebagai pembanding, iPhone 4S ‘hanya’ menjual 1 juta dalam 1 hari pertama.

Bagaimana menurut Anda? Apakah 5 juta unit memang bukan perkembangan yang baik bagi penjualan iPhone 5? ataukah perkiraan 6-10 juta unit tersebut adalah perkiraan yang muluk-muluk?

Di sisi lain, sistem operasi mobile besutan Apple, iOS 6, telah mencatat pen-download-an sebanyak 100 juta kali, dalam 1 minggu, yang merupakan catatan yang mengagumkan. Itu menandakan bahwa pengguna Apple bisa mendapatkan software baru dengan sangat cepat.

 

Referensi: digitaltrends.com, sfgate.com.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.