Tweet Anda Akan Dapat Di-download Akhir Tahun Ini

Twitter

Twitter, berkat permintaan dari beberapa penggunanya, nampaknya akan mengizinkan para penggunanya men-download seluruh tweet yang mereka pernah buat. Jadi, apabila Anda ingat pernah membuat sebuah tweet lucu pada tahun 2010, yang sekarang sudah tenggelam di antara tweet-tweet Anda yang lebih baru, Anda akan dapat menjumpainya lagi di akhir tahun ini, dengan cara men-download tweet tersebut, lengkap dengan ratusan (atau bahkan ribuan) tweet-tweet Anda yang lain.

Hal tersebut disebutkan oleh CEO Twitter, Dick Costolo, yang sempat berbicara tentang fitur tersebut pada Juli 2012 lalu. Sejak saat itu, Twitter belum pernah memberikan komentar apapun terhadap fitur tersebut. Sampai kemarin.

Twitter sedang tidak dalam kondisi terbaik di mata media karena beberapa batasan yang baru saja mereka buat terkait perubahan API (Application Programming Interface) mereka, termasuk di antaranya peraturan baru mengenai pengembangan aplikasi pihak ketiga, dan juga beberapa hari yang lalu Twitter sempat menyetop penggunaan avatar berformat GIF.

Tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai tool seperti apakah yang akan disediakan oleh Twitter untuk membantu para penggunanya men-download tweet-tweet mereka, apakah pengguna dapat memilih tweet mana saja yang bisa di-download, maupun ke dalam format apakah tweet-tweet tersebut akan dapat ter-download. Apakah tweet-tweet tersebut akan terdownload menjadi format HTML? Ataukah menjadi JPG? Kita tunggu saja akhir tahun ini!

 

Referensi: mashable.com, reuters.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.