Siri (iOS 6) vs Google Search (Jelly Bean)

voice assistant battle

Pada presentasi iPhone 5, Apple mengatakan bahwa Siri dengan iOS 6 dan iPhone 5 akan mengalami banyak peningkatan. Namun Google pun mengeluarkan teknologi serupa namun tak sama dengan Siri, Google Voice Search. Berbeda dengan Siri yang lebih berfokus kepada personal assistant, Google Voice Search membantu seseorang untuk mencari melalui Google Search dengan berbicara kepada gadget atau smartphone-nya.

TechnoBuffalo mencoba membandingkan Siri dan Google Voice Search menggunakan gadget terbaik di masing-masing pihak. Siri menggunakan iPhone 5 dan Google Voice Search menggunakan Samsung Galaxy Nexus. Mengapa Galaxy Nexus bukan Samsung Galaxy SIII atau yang lainnya ? Karena smartphone ‘Nexus’ adalah smartphone Android yang secara resmi dipegang oleh Google.

Siri berjalan pada iPhone 5 dengan iOS 6, dan Google Voice Search berjalan pada Samsung Galaxy Nexus dengan Android Jelly Bean, dalam keadaan kedua smartphone dalam sebuah koneksi WiFi yang sama, dan keduanya sama-sama tidak menjalankan aplikasi sama sekali.

Simak video berikut.

Namun sayangnya di Indonesia, kemampuan Siri masih sangat terbatas dibanding dengan Google Voice Search.

Bagaimana menurut anda ?

Referensi: technobuffalo.com, www.youtube.com/jon4lakers.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.