Selamat Ulang Tahun, Android !

happy birthday android

23 September 2008, menjadi tanggal bersejarah bagi sistem operasi Android. Tanggal tersebut adalah hari sistem operasi Android pertama kali dirilis. Sistem operasi ini dibuat oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Namun nama pertama, Andy Rubin, lebih dikenal sebagai penemu sistem operasi Android ini. Dan pada akhirnya pada 17 Agustus 2005 perusahaan Android, Inc. diakuisisi oleh Google.

Android merupakan salah satu sistem operasi mobile devices yang paling populer saat ini selain iOS. Android yang merupakan sistem operasi open source bisa dibilang sebagai sistem operasi yang membantu perusahaan-perusahaan pembuat smartphone bangkit dari ‘mati suri’. Pada saat itu sekitar 3-4 tahun lalu ketika smartphone masih di dominasi oleh BlackBerry. Dan nampaknya hal tersebut memang berhasil membantu perusahaan seperti Samsung, Sony Mobile, HTC, dan banyak perusahaan-perusahaan lainnya bangkit dan membuat keadaan berbalik untuk BlackBerry saat ini.

Bagaimana perjalanan Android dari awal sampai saat ini ? Berikut adalah infografis mengenai Android sampai dengan peluncuran Android Ice Cream Sandwich dari xcubelabs.

Dan informasi-informasi seputar Android versi terbaru, Jelly Bean, dari laptopmag.

Perkembangan sistem Android memang semakin hari semakin menarik untuk disimak, fitur-fitur baru semakin bagus dan membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari, didukung juga dengan ekosistem Google Play dan produk-produk Google lainnya yang terintegrasi.

Android juga membuat persaingan dunia smartphone semakin menarik, terutama dalam persaingan membuat konsumen semakin puas merasakan teknologi yang ada. Meskipun persaingan tersebut bisa berdampak negatif juga, seperti perang hak paten.

Menarik kita simak kelanjutan dari sistem operasi kebanggaan Google ini. Selamat ulang tahun ke-4, Android !

Referensi: Andrew Deysan, xcubelabs.com, laptopmag.com.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.