LINE Untuk BlackBerry

line

LINE adalah sebuah aplikasi instant messaging yang bisa digunakan di smartphone dan komputer anda. Aplikasi ini menurut saya adalah aplikasi ‘pembunuh’ BlackBerry Messenger (BBM). Coba saja anda cari di google keyword ‘aplikasi pembunuh bbm’, anda bisa melihat sendiri hasil pencariannya.

Ya sebagaimana kita ketahui, BlackBerry di Indonesia masih cukup dominan, dan sering kali ketika anda yang memutuskan untuk move on dari BlackBerry ada 1 kejanggalan tersendiri untuk meninggalkan contact list yang ada di BBM.

Ketika platform Android dan iOS mulai berkembang, banyak para pengembang yang mencoba membuat BBM versi Android atau iOS, seperti WhatsApp Messenger, KakaoTalk, Kik Messenger, dan lain sebagainya. Tetapi menurut saya pribadi belum ada aplikasi yang benar-benar bisa menyaingi BBM.

Ketika seorang teman menyarankan LINE untuk saya, saya awalnya masih ragu apakah ini hanya sekedar aplikasi messenger biasa atau memang betul bisa menggantikan BBM dan multi-platform. Nyatanya setelah saya gunakan, anda bisa menggunakan ID yang sama untuk digunakan di smartphone anda, tablet anda, komputer anda dan semua chat dan contact yang ada nantinya akan tetap sama dan saling berhubungan. Tetapi mungkin penilaian ini bisa saya serahkan ke anda nantinya setelah anda mencoba menggunakannya.

LINE menyatakan bahwa pada Juni 2012 mereka sudah memiliki 49 juta pengguna di lebih dari 230 negara. LINE saat ini sudah ada untuk hampir semua platform sistem operasi:

  • Android (link)
  • iOS (link)
  • Windows Phone (link)
  • BlackBerry (link)
  • Macintosh
  • Windows

Saya sendiri sudah menggunakan LINE di Android dan Mac. Namun permasalahan muncul ketika saya membaca berita mengenai LINE yang sudah tiba di Blackberry, saya menyarankan kepada seorang teman untuk men-download dari BlackBerry App World, namun ia menemukan hal seperti ini:

line blackberry

BlackBerry Torch 9800, OS 6.0.284.

Di beberapa forum dikatakan bahwa LINE sudah bisa digunakan untuk BlackBerry. Lalu mengapa tidak bisa di download melalui App World ?

Rupanya LINE menjalankan kerjasama khusus dengan Telkomsel, entah bagaimana caranya LINE di App World sampai saat ini hanya bisa di download oleh para pengguna Telkomsel.

Line eksklusif telkomsel

Potongan tampilan website telkomsel.com/operamini, 24 September 2012.

Lalu bagaimana cara bagi para pengguna BlackBerry untuk bisa men-download dan menggunakan LINE ? Anda harus download dari luar BlackBerry App World. Berikut adalah link yang saya dapat dari seorang teman saya:

  • BlackBerry OS 5 link
  • BlackBerry OS 6 link
  • BlackBerry OS 7 link

Saya sudah mencobanya di BlackBerry Torch teman saya yang saya gunakan sebelumnya untuk men-download dari BlackBerry App World, dan saat ini LINE sudah berjalan lancar di BlackBerry tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan LINE, sama seperti menggunakan WhatsApp, KakaoTalk, dan beberapa messenger lainnya, anda harus menggunakan BlackBerry internet full-service. Semoga anda terbantu.

Referensi: line.naver.jp/en, telkomsel.com.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.