Membuat Hard Disk Anda Bisa Digunakan di Mac Dan Windows

harddisk mac-windows featured

Jika anda baru saja menggunakan Mac (Macintosh), maka anda akan merasakan sedikit perbedaan atau mungkin kesulitan untuk menggunakan hard disk ekternal. Hal ini dikarenakan format yang digunakan Windows dan Mac untuk membaca sebuah hard disk berbeda.

Biasanya hard disk yang digunakan di Windows, ketika dibuka di komputer Mac, pengguna hanya bisa melihat isi hard disk dan meng-copy isi hard disk ke Mac, tetapi pengguna tidak bisa melakukan hal sebaliknya, mengisi hard disk dengan data yang ada di Mac anda. Atau sederhananya kita hanya bisa ‘baca’ tidak bisa ‘tulis’.

Sebagai pengguna Mac, anda juga tidak perlu membeli hard disk eksternal baru untuk bisa digunakan di Mac, meskipun banyak vendor-vendor yang hard disk eksternal untuk Mac. Anda cukup melakukan beberapa hal dibawah ini untuk bisa menjalankan sebuah hard disk eksternal di Mac dan Windows (anda bisa ‘baca’ dan ‘tulis’ di Mac dan Windows).

  1. Backup isi hard disk eksternal anda di tempat lain apabila anda merasa data-data yang ada didalamnya akan anda gunakan lagi atau penting, tetapi jika hard disk anda kosong, maka anda bisa langsung ke tahap berikutnya.
  2. Di komputer Mac anda, anda masuk ke ApplicationsUtilitiesDisk Utility atau cara cepatnya dikanan atas ada icon untuk mencari seperti gambar berikut.
  3.  Maka akan muncul tampilan seperti ini.
    Disini akan ditampilkan semua media penyimpanan yang sedang terhubung dengan komputer Mac anda. Pilih hard disk eksternal anda yang ingin di-format.
  4. Kemudian pindah ke tab Erase.
    #3 harddisk mac-windows
    Lalu pada bagian format pilih ‘MS-DOS (FAT)’, lalu tekan ‘Erase’ dibawah disamping ‘Security Options’.
  5. Konfirmasi sebelum anda menghapus isi dan mengubah format hard disk eksternal anda.
    #4 harddisk mac-windows
  6. Setelah selesai, cek kembali apakah format hard disk eksternal anda sudah berubah atau belum.
    #5 harddisk mac-windows
    Jika sudah maka anda sudah bisa menggunakannya di Windows dan Mac.

 

Catatan:
Jika anda menggunakan format MS-DOS (FAT) anda tidak bisa meng-copy file ke dalam hard disk ekternal anda lebih dari 4GB dalam 1 kali copy, lalu bagaimana untuk mengatasi masalah ini ?
Anda bisa menggunakan format ExFAT. Namun ada beberapa kekurangan format ExFAT, tidak semua versi Windows men-support format ini, khususnya Windows versi lama.

Gambar diambil menggunakan Mac OS X version 10.7.4.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.
  • Neefia Dwika

    Mohon infonya, jadi setelah di format ini saat digunakan di windows maupun di mac… hard disk externalnya maksimal sekali simpan hanya 4 GB ya?

  • ████ アヤラ████ febrian

    mohon info bro, pada saat proses erase, apakah data2 yang ada pada HDD akan ikut hilang atau proses erase tsb hanya sebagai sarat merubah format HDD menjadi FAT sehingga terbaca pada mac book?

    • Ivan Bagus Pinuntun

      UP

  • ivan

    Makasiih bro

  • cinta damai

    hardisk ane malah kaga bisa kebaca di windows bro. mohon petunjuk

  • Basyiruddin Mahmud Ahmad

    makasih banget hard disk ane bsa kebaca di mac book

  • lisa agustini

    Thankyouuuu…