Layanan RIM Sempat Bermasalah di Eropa

Blackberry Outage

Layanan dari Research In Motion, produsen smartphone BlackBerry, sempat mengalami kendala di Eropa, kemarin. Gangguan kali ini terjadi belum sampai setahun setelah gangguan besar di tahun 2011, yang terjadi selama 3 hari penuh. Menurut laporan dari Vodafone, gangguan jaringan ini terjadi di Inggris Raya, Jerman, Italia, Spanyol, dan Yunani. Juru bicara Vodafone Inggris tidak mengetahui penyebab dari masalah tersebut.

Kejadian ini tentunya sangat memalukan bagi RIM, karena di tengah gempuran smartphone keluaran Apple, iPhone, dan berbagai macam Android yang semakin menggerus pangsa pasar RIM, mereka malah seringkali mengalami gangguan layanan. Dalam sebuah pernyataan di hari jumat kemarin, RIM mengatakan bahwa mereka telah memperbaiki layanannya dan meminta maaf kepada pelanggan yang terkena imbas permasalahan tersebut.

Sebagai catatan, BlackBerry sempat mengalami gangguan sangat besar pada bulan Oktober 2011, pada saat email dan instant messaging, dan browser mereka mengalami gangguan di hampir seluruh dunia, terutama di Amerika Utara dan Eropa, selama 3 hari. Setelah masalah tersebut RIM sempat berkata akan meningkatkan kualitas jaringannya untuk mencegah hal yang sama terjadi kembali di masa yang akan datang.

Sebetulnya gangguan pada Oktober 2011 itu juga, walaupun salah satu yang paling parah, bukanlah yang pertama kali dialami oleh RIM. Pada April 2007 RIM layanan email dari RIM sempat bermasalah bagi lima juta pengguna BlackBerry, dikarenakan adanya pembaruan software, pada Januari 2008, jutaan pengguna di Amerika Serikat mengalami kesulitan akses email, lagi-lagi karena permasalahan jaringan, kemudian pada Desember 2009, BlackBerry mengalami masalah akibat glitch pada aplikasi instant messaging mereka.

RIM sudah sangat terdesak oleh produk kompetitor, dan gangguan jaringan ini akan “mempersulit permasalahan mereka”, komentar Nick Dillon, analis senior dari lembaga riset Ovum.

Apabila kita melihat pangsa pasar smartphone secara global, di kuarter pertama tahun 2012, RIM sudah semakin terpuruk dan hanya memiliki 2.4% pangsa pasar (Gartner, Mei 2012), atau turun 0,6% dibanding tahun lalu. Berikut adalah data pangsa pasar penjualan smartphone di seluruh dunia, menurut Gartner:

Referensi: blog.wsj.com, gartner.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.