iPhone 5 Lebih Mudah Direparasi Daripada iPhone 4 dan 4s

iPhone 5 teardown

Demam iPhone 5 sudah melanda seantero dunia dikarenakan hari ini adalah hari perdana penjualan iPhone 5 di 9 negara yaitu Amerika Serikat, Australia, Kanada, Perancis, Jerman, Hong Kong, Jepang, Singapura, dan Inggris Raya. Selain mengusung prosesor yang lebih cepat, iPhone 5 juga mengalami beberapa pengembangan dibandingkan dengan pendahulunya, seperti layar yang lebih besar dengan rasio 16:9, desain yang lebih tipis dan ringan, bahan aluminium untuk casing bagian belakang, dan lain-lain. Tapi, sebagai konsumen, kita juga harus jeli dan mengetahui apakah produk tersebut juga dapat diperbaiki atau tidak apabila terjadi kerusakan. Kita tidak mau, kan, membeli smartphone yang sekali rusak langsung harus dibuang?

Nah, sebuah website yang berisi tutorial bagaimana cara membongkar pasang gadget, ifixit.com, telah memberikan hasil analisis mereka terhadap iPhone 5 yang baru. Bahkan kabarnya, untuk memberikan analisis ini secepat mungkin, salah satu tim dari ifixit sampai rela terbang ke Melbourne, Australia, supaya menjadi yang pertama memegang iPhone 5, karena seperti yang kita ketahui, Australia adalah salah satu negara yang mendapatkan iPhone 5 pertama kali, dan berkat zona waktu mereka, Apple Store pertama yang menjual iPhone 5 adalah di Australia.

Secara mengejutkan, iPhone 5 dinilai sangat mudah untuk direparasi apabila dibandingkan dengan iPhone 4 dan 4s. Hal ini terutama dikarenakan layar depan iPhone yang dapat dilepas pertama kali setelah Anda membuka sekrup yang terletak di bagian bawah iPhone 5. Bandingkan dengan iPhone 4 dan 4s, yang apabila terjadi kerusakan pada layar (retak/pecah), maka petugas reparasi harus membongkarnya dari belakang, dan harus membongkar total iPhone 4/4s tersebut untuk dapat mengganti layarnya. Sekarang, hanya diperlukan obeng khusus (obeng jenis pentalobe), dan suction cup, maka layar langsung dapat diangkat! ifixit melaporkan bahwa untuk mengganti layar pada iPhone 4s diperlukan 38 langkah, dan memakan waktu minimal 45 menit. Untuk iPhone 5 hanya akan memakan waktu 5-10 menit. Dan karena layar adalah benda yang sangat sering rusak, maka hal tersebut adalah sebuah nilai plus yang sangat besar.

Hal tersebut membuat iPhone 5 mendapat nilai repairability tinggi, yakni 7/10. Bandingkan dengan New iPad yang hanya mendapat nilai 2/10, dan MacBook Retina 1/10, disebabkan karena sulitnya melepas layar pada new iPad, dan parts di dalam MacBook Retina beberapa dilem secara permanen ke motherboard.

 

Referensi: ifixit.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.