Windows 8, Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui

Windows 8 adalah sistem operasi lanjutan yang akan dikeluarkan oleh Microsoft. Sebelumnya mungkin anda sudah cukup kenal dengan Windows XP, Windows Vista, atau Windows 7. Namun di versi yang lebih lanjut ini Windows akan mengalami beberapa perubahan. Apa saja perubahan-perubahan tersebut ?

Windows 8 digunakan dimana saja ?
Windows 8 dapat digunakan pada gadget apa saja. Yang dimaksud disini adalah kedepannya yang diinginkan Microsoft adalah anda akan menemui hal yang sama dalam setiap gadget yang anda miliki, baik smartphone, tablet PC, notebook, netbook, dan PC yang anda miliki.

  • Windows 8 untuk PC atau notebook, netbook
  • Windows 8 untuk tablet
  • Windows Phone 8 untuk smartphone
Windows 8 Family

 

Kapan Windows 8 diluncurkan ?
Microsoft baru saja menyebar undangan peluncuran Windows 8.

Windows 8 saat ini sampai dimana ?
Windows 8 telah memasuki versi release preview. Sebelum memasuki sebuah tahap release preview, biasanya Microsoft mengeluarkan versi developer preview, yang ditujukan bagi para pengembang software atau developer bagi Windows 8. Kemudian dilanjutkan dengan customer preview. Sedangkan pada versi release preview artinya Windows 8 tidak akan mengalami perubahan apabila tidak ditemukan bug atau kesalahan-kesalahan dalam program. Apabila anda ingin mencoba Windows 8 release preview, anda bisa mendownloadnya di website Microsoft.

Bagaimana dengan tampilan Windows 8 ?
Windows 8 mengusung bahasa desain Metro. Gaya / bahasa desain Metro adalah ciri khas tersendiri dari Microsoft, sampai Microsoft baru-baru ini mengganti logonya dengan bahasa desain Metro.

microsoft logo

Bahasa desain Metro tidak hanya digunakan untuk Windows 8 saja, melainkan untuk keseluruhan produk Microsoft, termasuk Microsoft Office 2013 dan Office 365. Tetapi nantinya anda tetap bisa mengakses desktop lama anda seperti yang ada di Windows 7.

tampilan windows 8-1

tampilan windows 8-2

Windows 8 memiliki layanan Cloud ?
Windows 8 terintegrasi dengan Microsoft SkyDrive. Microsoft SkyDrive adalah jasa cloud computing yang ditawarkan oleh Microsoft, jasa ini menyerupai Google Drive, iCloud, DropBox, dan sejenisnya. Windows 8 akan terintegrasi dengan Microsoft SkyDrive, layaknya Mac OS X Mountain Lion dengan iCloud.

skydrive

Windows 8, 32-bit atau 64-bit ?
Windows 8 hadir di 32-bit dan 64-bit. Seperti Windows-Windows versi sebelumnya, Windows 8 akan dihadirkan dalam 32-bit dan 64-bit.

Apakah Windows memiliki toko aplikasi ?
Windows 8 akan memiliki Windows Store. Windows Store adalah toko aplikasi digital yang dimiliki Microsoft untuk menjual produk-produk Aplikasi yang bisa digunakan di Windows 8. Konsepnya mirip dengan App Store pada produk-produk Apple, dan Google Play pada Android.

tampilan windows store

Spesifikasi minimum untuk menjalankan Windows 8 ?

  • Prosesor: 1 gigahertz (GHz),
  • RAM: 1GB (32-bit) dan 2GB (64-bit),
  • Kapasitas Hard disk: 16GB (32-bit) dan 20GB (64-bit),
  • Graphic CardMicrosoft DirectX 9,
  • Fitur touch dapat digunakan dengan syarat anda harus menggunakan tablet atau monitor yang mendukung multitouch,
  • Windows Store dapat diakses jika anda memiliki koneksi internet dan resolusi layar paling tidak 1024 x 768.

Harga ?
Menurut saya, harga sistem operasi Windows 8 tidak akan terlalu mahal atau semahal versi sebelumnya, hal ini dipacu oleh harga pesaing utama Windows,  OS X Moutain Lion, yang baru saja dirilis Apple dengan harga $19.99 atau sekitar Rp 180.000 (1$ = Rp 9.000). Namun, sampai saat ini Microsoft belum merilis Windows 8 secara resmi, sehingga belum ada kepastian untuk harga Windows 8 yang akan datang.

Bagaimana kalau Techrity tunjukan pada saya Windows 8 itu seperti apa ?
Untuk lebih mudah, simak video berikut ini

  • Windows 8 Release Preview

  • Peragaan Windows 8 oleh Tami Reller, Chief Marketing Officer of Windows

Referensi: windows.microsoft.com, vsszone.com, mashable,com, techspot.com, microsoftstore.com, techradar.com, youtube.com/windows.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.