Update OS X Mountain Lion Berisi Integrasi Facebook

Mountain Lion

Semalam, berbarengan dengan dirilisnya iOS 6 untuk gadget-gadget portable keluaran Apple, ternyata Apple diam-diam juga merilis update untuk produk OS X mereka, yaitu update 10.8.2. Update ini dapat Anda download langsung melalui software update untuk Anda yang sedang menggunakan Mountain Lion.

Melalui update ini, Apple semakin mengeratkan hubungan antara OS X dengan Facebook, karena melalui update ini, pengguna OS X dapat melakukan single login di system preference, sehingga pengguna hanya perlu login satu kali saja untuk dapat menggunakan layanan Facebook di komputer tersebut, mirip dengan single login Twitter yang sudah ada sejak Mountain Lion keluaran pertama.

Aplikasi seperti Safari, Preview, dan Contacts sekarang memiliki opsi berbagi melalui “Facebook”, dan Apple juga menyatakan bahwa pengembang third party juga akan dapat membuat aplikasi yang memanfaatkan fungsi sharing tersebut. Sharing juga dihubungkan dengan Notification Center, sehingga Anda akan dapat melihat notifikasi Facebook maupun meng-update status langsung dari Notification Center, tanpa harus membuka aplikasi Facebook.

Game Center di OS X juga akan dapat dimainkan melawan teman Facebook Anda, dan Anda juga dapat menge-like sebuah game langsung dari Game Center.

Selain integrasi dengan Facebook, Mountain Lion yang baru juga memiliki fitur lain seperti dukungan Power Nap untuk MacBook Air keluaran lama, user juga sekarang dapat berbagi reminder, sistem sorting yang lebih baik di aplikasi Notes, dan tujuh bahasa baru untuk Dictation: Mandarin, Cantonese, Spanish, Korean, Canadian English, Canadian French, dan Italian. Selain itu sekarang di aplikasi Dictionary tersedia penjelasan kata-kata dalam bahasa Perancis.

 

Referensi: support.apple.com, mashable.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.